Kepahitan Hidup Tiada Berujung

Banyak temen temen di dunia maya (yang kenal di sosmed) bilang

"Enak ya hidup jadi lu, sempurna banget hidupnya."
"Beruntumg banget lu ya banyak duit."
"Hebring pisan ya stylenya."

Dan kadang juga ada yg nyinyir,

"Hobi lu ngamburin duit ya mba? Hahaha"

Gue senyumin aja mereka yang bilang kaya gitu. Gue memaklumi, karena mereka ngga tau bagaimana kehidupan gue yang asli. Nah disinilah gue ingin sedikit bercerita tentang pahitnya hidup gue yang tiada berujung. Gue menguncapkan banyak terimakasih kepada orang yang bilang bahwa hidup jadi gue tuh enak, sempurna, dan lain lain. Padahal, gini gini juga hidup gue mah pait. Banget!!

Style gue hebring/bagus? Gue punya baju cuman sedikit. Mungkin temen-temen kampus gue yang lebih tau. Gue kalo pake baju yang itu itu aja, sepatunya itu itu aja, kerudung itu itu aja, celana itu itu aja. Cuman gue selalu belajar padu padan akaian sih, agar style gue ngga ngebosenin. Karena gue cewek yang ingin terlihat cantik. Gue bendahara kelas, tapi gue sendiri suka telat bayar kas. Kadang ga bayar wkwk. Gue hamburin duit? Hahaha, gue bukan tipe cewek pada umumnya yang hobby shopping. Gue bahkan sering ngiler, liat tas temen gue bagus, sepatu temen gue branded, kadang gue kepengen. Tapi gue mikir, Ah buat apasih? Sepatu gue yang ini juga masih bisa dipake. Asalkan dirawat dan rajin dicuci tetep terlihat bagus kok. Btw, gue kalo ke kampus pake sepatu warrior hitam sejak zaman purbakala. Eh, sejak zaman SMA maksudnya. Baru sekarang-sekarang aja gue baru pake sneakers. Itupun beli karena ada diskon. Terus sering ngiler kalo liat instastory temen temen gue yang lagi pada ke cafe. Gue pengen gitu ke sana, bisa cobain makanan ini itu, tapi gue udah bisa makan hari ini aja, alhamdulillah banget. Intinya, hidup gue biasa aja.

Dulu, jaman-jaman gue awal kuliah pas gue masih kost di Lembang, gue ngga punya kerjaan. Alias nganggur. Gue gatau harus membiayai hidup gue dari mana. Gue kesana sini cari kerjaan ngga dapet-dapet. Sampe akhirnya sisa tabungan gue yang hanya Rp 750.000,- gue gunakan setengahnya untuk modal jualan. Jualan sosis bakar sama Apple Milk, waktu itu. Gue ngider ke sekeliling kosan gue, door to door dari rumah ke rumah. Pokonya capek. Dan alhamdulillah hasilnya lumayan. Walau untungnya ngga besar-besar amet, tapi seengganya balik modal aja gue udah seneng. Setiap hari minggu atau hari libur gue mesti siap tempur buat nerima orderan banyak. Apalagi gue ngekost deket villa, ya kan banyak tuh yg ngecall gue. Huh, lelah!! Gue ngga hanya jualan makanan sih. Jualan apa aja, intinya bisa jadi duit, dan intinya halal.  Wkwk.

Sekitar 200 meter dari kost gue, ada taman yg biasanya jadi tempat nongkrong anak-anak remaja yang biasanya masih SMP/SMA. Tiap kali gue lewat sana (kalo jalan kaki) gue sering banget mendengar suara bisik-bisik tetangga, "Eh si teteh yg itu yg tukang sosis teh?" kata seseorang, terus temennya bales, "Wah masa? Perasaan waktu ke rumah aku mah asa nawarin make-up da, mamah aku sama bibi aku beli." sambil bisik-bisik juga. Tapi gue bisa denger.

Kalo kata orang Sunda mah "naon we," yang artinya apa aja. Yup, gue jualan apa aja. Gue jualan sekitar dua bulanan. Sampe tibanya gue ospek di universitas, gue berhenti jualan. Ospek berjalan selama 1 minggu. Pengeluaran buaaaanyaakkk banget. Pasti tau kan, kakak tingkat suruh kita beli ini itu buat jadi barang bawaan ospek. Tentu mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Ngga kerasa, ospek beres. Gue cek uang yang gue punya. Dan ternyata habis. Disitu gue nangis. Gue cek beras, makanan kecil, indomie, pada habis semua. Gue mau jualan lagi pun ngga ada modalnya karena uang gue udah habis. Bener bener habis, tinggal Rp 30.000,- lagi kalo ga salah. Demi menghemat, gue ngga makan seharian itu. Itutuh hari minggu, pas beres malam inagurasi kampus.

Keesokannya, gue kuliah hari pertama. Biasa aja sih, ga ada yg spesial. Gue pun ngga jajan apa apa. Karena gue ngga ada duit. Beres kuliah gue langsung caw pulang karena gue lemes, secara hampir dua hari ngga makan. Pas gue sampe kost, gue liat ibu kost di depan pintu kamar gue, bareng sama dua orang yang bajunya formal banget. Gue takut, gue pikir gue mau ditagih uang sewa. Ih, kan belum waktunya bayar, gumam gue dalem hati. Pas gue samperin, alhamdulillah ternyata pikiran gue itu salah. Dan dua orang yg berpakaian rapi itu adalah  orang dari villa yang mau ketemu gue. Intinya, gue keterima kerja di salah satu villa deket kosan gue. Disitu gue nangis terharu. Disaat gue ngga punya duit gini, adaaa aja yang kasih rezeki.

Gue pun kerja di villa, di bagian room division and house keeping. Kerjanya tuh cape banget. Beresin kamar tamu, loundry seprei, pel koridor, pel kamar tamu, bersihin kamar mandi di kamar tamu, ya ngga jauh jauh dari itulah. Gue digaji perminggu, dan dari uang hasil kerja itu gue bisa menuhin kebutuhan gue buat makan dan bensin selama dua minggu. Cukup banyak. Tapi, masalah tetep aja ada. Gue pernah ditegur sama atasan (gue lupa apa istilahnya, kepala divisi mungkin ya) gara gara satu hal sepele. Gue hampir dipecat waktu itu. Gue nangis mangis mohon ampun jangan dipecat karena gue butuh kerjaan. Akhirnya gue pun diperbolehkan bekerja lagi.

Masalah gue berakhir? Hahahaha, NO. Masih ada lagi lah. Saat si villa tempat gue kerja itu ganti kepemilikan. Semenjak ganti kepemilikan, banyak banget orang baru yang kerja disitu. Divisi gue sendiri udah padet, dan gue sempet  mendengar rumor bahwa orang yang udah lama-lama kaya gue gini bakal diberhentiin. Gue stres, demi apapun selama tiga hari ga bisa tidur. Tapi, ada orang yang berbaik hati yang nyelamatin gue. Seorang chef disitu meminta gue dipindahtugasin ke bagian food and beverage.

Ujian terus dateng tanpa henti, pas gue ada di divisi food and beverage itu gue dituding sama temen gue. Ah, panjang kalo diceritain disini. Dan gue yang ngga bersalah pun terpaksa ngalah. Gue pun kirim surat resign dan gue pun keluar dari pekerjaan itu. Gue nangis, ngga tau harus kerja apa. Mau jualan lagi pun, mungkin pelanggan-pelanggan gue udah ada kabur gegara gue udah lama banget ga dagang. Itutuh tepat pas kenaikan semester 1 ke 2. Gue stres gue bayar registrasi dari mana? Gue ngga tau. Gue pun mencoba buat lamar kerja lagi ke tempat lain. Gue ngga dapet panggilan terus. Aduh, gimana dong ini? Gimana bisa gue lanjutin hidup dan biayain kuliah? Hiks!

Gue sempet denger bahwa nyokap dan adik gue ternyata tinggal di sekitaran Bandung. Gue ingin banget minta tolong atau solusi, tapi gue ga berani. Ah, buat apa juga? Gue teringat janji gue sama diri senditi bahwa gue harus bisa problem solving segede apapun masalahnya. Gue harus bisa!! Gue sempet kepikiran gue akan berhenti kuliah. Tapi, sayang banget. Gue udah kuliah dua semester di sini. Udah banyak uang yang gue keluarin buat biaya kuliah. Masa mau berhenti? Gue ingin jadi seseorang yang berilmu dan berpendidikan agar gue tidak jadi sampah masyarakat. Agar gue disegani karena ilmunya. Agar gue bisa ngedidik anak gue kelak, karena gue akan jadi seorang ibu suatu saat nanti. Ah, gue pasrahin ini semua sama Allah, semoga ada jalan.

Ga disangka-sangka, keajaiban pun terjadi. Tante Salma, orang yang dulu sering order sosis ke gue, bilang bahwa gue disuruh kerja di loundry suaminya yang baru buka. Tante Salma percaya sama gue karena gue (katanya) orangnya disiplin, cekatan dan jujur. Gue pun kerja disana. Pendapatan yang gue peroleh sih ngga gede, bahkan ngga sebanding sama tenaga yang gue keluarin. Tapi alhamdulillah berkah, gue bisa bayar registrasi dan beli stok makanan banyak. Selama satu semester full gue kerja di sana. Gue merasa seneng. Apalagi pas bulan puasa akhir-akhir menjelang lebaran. Loundryan banyak banget, sehari gue bisa nyuci 40 kilogram lebih. Bonuspun banyak dong, hehe. Tapi yang namanya hidup, ada aja musibahnya. Tante Salma sama suaminya ternyata mau cerai. Loundry pun ngga tau mau dilanjutin atau engga. Intinya, setelah lebaran beres, gue stop kerja disitu dan cuman dapet uang Rp 1.000.000,- aja. Fine lah, bagaimanapun, gue harus terima ini semua. Ini semua udah takdir dari Allah. Gue banyak banyak berdoa aja semoga bahu gue makin dikuatin biar gue bisa nanggung semua masalah hidup.

Seperti di judul, pahit yang tiada ujungnya. Ya, itulah hidup gue. Hidup kalian juga kan? :) Ehehehehe. Dari sekian hal yang gue hadapi, gue hanya bisa menyimpulkan satu hal : Jangan Menyerah. Karena sebetulnya Tuhan ingin melihat bahaimana usaha kita, bagaimana tindakan kita, sekuat apa kita.Tuhan ingin mendidik kita menjadi manusia yang hebat. Gue mendefinisikan hebat sebagai sesuatu yang lembut tapi kuat, sesuatu yang daat melampaui diri kita, dan hal dahsyat yang ada di dalam diri manusia. So, bagaimana definisi hebat menurut kalian?
Komen di bawah guys :)

Makasih buat kalian yang udah baca sampai sini, semoga cerita gue di atas bisa memberi sedikit lesson buat kalian. Saya, Gweni Jeanna pamit undur diri. (ala reporter di TV wkwk)


Oh ya buat yang mau follow gue, silakan....
IG : @gwennn321
Dm gue kalo pengen di follback. Jangan malu malu atuh, heheh.
Chat gue di Line kalo mau saling sharing. Gue baik kok guys, wkwk.

Comments

  1. Hai kak, salut sama kisah hidupnya. Ujian bertubi-tubi tapi tetap semangat. Definik hebat buat saya adalah ketika bisa mengalahkan diri sendiri.


    Semangat y

    ReplyDelete
  2. Harus banyak belajar dari mba gweni, semangat.

    ReplyDelete
  3. Haii .. Salam kenal. Salut sm kakak satu ini, pantang menyerah dan gak crangkey ya .. Tuhan ada bersama kita kok, dia gak tidur, gak akan memberi cobaan yg kita gak mampu lakukan. Semoga apa yg d cita2kan tercapai ya ... 😍

    ReplyDelete
  4. Ka gwennn yampun. Uda cantik,crdas, rajin. Smua cowo juga mau puny istri kya kka gwennnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduhhh hahahaha bisa aja. Hehe. Ga lah. Kenyataannya banyak kok cowo yang ngga suka aku. Aku mungkin ngga cantik atau ngga sempurna baginya. Btw omongan kamu ini hanya bisa aku amini saja. Amin. Terimakasih ya Domus.

      Delete
  5. Mantap nih ceritanya. Bisa dibikin film ini kak... Btw, ntar aku follow ignya ya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

GOBLOK

(puisi lanjutan dari) Sejak Sajak Tak Lagi Sejuk