Teruntuk Mahasiswa

WARNING : Bahasa yang saya gunakan dalam menulis konten ini adalah bahasa kasar. Pastikan bahwa hatimu kuat sebelum membaca tulisan ini.
 Selamat membaca. Budayakan membaca sampai selesai.







Kesalahan mahasiswa itu adalah....

Dikit-dikit ngeluh. Semakin banyak tugas, semakin sering pula ngebacotnya. Ya tuh tugas kapan kelarnya woee?? Giliran dosen ngelompokkin yg pinter dan yang biasa aja, malah bilang diskriminasi, marginalisasi, pilih kasih antara yang pinter dan yang engga, dll sebagaimya. Oh em jy.

Apakah gue pernah lakuin kesalahan itu? Pernah banget. Ngeluh? Sering. Bacot ga jelas? Sering. Bahkan mengumpat soal dosen pun sering. Tapi gue tau itu semua ga baik dan ga berguna. So guys, stop to do the useless thing like that.

Gue disini hanya ingin sedikit ngebenturin kepala lu aja, biar lu sadar.

"Gini ya rasanya di diskriminasi sama dosen yang beda bedain orang pinter sama orang bodoh.."

Hey!! Lu ngga maju gimana woe? Lu klaim diri lu sebagai orang bodoh terus ya bodoh beneran entar. Coba lu possitive thinking deh. Berhenti bacot dan optimis sama skill lu. Apa yang terjadi? Lu ga bakalan pernah jangar dan ngestuck selama lu hidup sebagai mahasiswa. Lu bakal enjoy ngehadepin apapun, kaya gimanapun dosen dan tugas.

Sekiller-killernya dosen, lu bisa enjoy jalanin perkuliahan dan berinteraksi sama entu dosen. Seberat apapun tugas, kalo emang lu nuntut ilmu lillahi ta'ala dan optimis sama diri sendiri lu pasti ga bakal nemuin kesulitan kok. Bakal enjoy sama hal apapun yang bagi lu sulit, bahkan hal yang lu sama sekali ngga bisa sekalipun.

Dosen tuh ngga pernah memarginalisasi orang-orang yang skillnya di bawah rata-rata. Itu mah pikiran lu aja yg PA. Coba deh, lu tanya sama diri lu "Kenapa gue di kelas selalu gini? Selalu merasa ga bisa? Selalu kesulitan? Selalu kalah sama temen-temen yang lain?"

Jangan pernah berpikir kalo lu ngga bisa sesuatu, lu ngga unggul di kelas, lu ga bisa kerjain tugas, atau tugas lu lebih jelek dari yang lain, lantas lu merasa bahwa lu kalah. Lu perlu inget, bahwa perkuliahan bukanlah sebuah kompetisi. Perkuliahan bukanlah ajang lu dan temen-temen lu yang lain berlomba-lomba jadi yang terdepan. Tapi niatin buat cari ilmu. Niatin kalo lu pengen berproses dan melakukan something worth dalam proses yang lu jalanin itu.

Baca juga :
Pollution 2

Karena apa? MUDAH kalo mau jadi yang terdepan. Coba deketin dosen-dosen, lobby yang bagus, aware sama sekitar, khususnya buat mahasiswa Komunikasi nih ye, aware dan update sama hal-hal yg lagi happening di digital media. Pasti nilai A mah selalu adaaa aja. Sumpah. Kaga bohong. Tapi potret yang gue lihat banyak yang nilai A sedangkan masih kurang referensi di otaknya. Bukannya gue arogan apa gimana. Bukannya gue merasa pinter atau apa. Karena ya setiap gue perhatiin, sepertinya orang-orang tersebut (tertentu) ga inget sama apa yang udah di pelajarin di matkul yang mereka dapet nilai A itu. Dan gue, yang nilainya B or C masih inget betul dan paham.

Juga tentang skill. Lu iri sama orang yang bisa motret? Ya lu belajar fotografi yang bener sampe lu bisa motret. Lu ngga bisa bahasa asing? Ya belajar sampe lu bisa. Lu ngga bisa nulis tugas dengan kata-kata sendiri? Ya belajar dan perbanyak baca buku biar referensi lu bertambah. Biar lu ngga kaku dalam berpikir. Otak itu percis otot. Otot semakin sering dilatih bakal semakin kuat dan kenceng. Otak juga kalo sering digunain buat creative thinking, pasti ide-ide bakal berserakan di kepala lu dan lu bakal mudah dama meng-create apapun. Belajar? Ngga sulit. Ada YouTube. Mau belajar apa aja tinggal buka YouTube. Punya smartphone tuh dipake yang berguna. Di kampus lu masing-masing, gue yakin pasti ada wifi. Kalo lu lagi kere dan ngga ada kuota, pergunain wifi kampus lu buat belajar. Jangan cuman digunain buat numpang download drama korea doang. YouTube nya dipake buat nonton video yang edukatif. Jangan cuman dipake buat nonton bokep sama liatin tutorial makeup doang. Saingan kita semua di masa depan bukan hanya umat manusia. Tapi juga AI yang bakal jadi saingan kita. Terus kita mau jadi apa kalo sekarang gawenya cuman rebahan terus? Pake pamer lagi... Bangga jadi kaum rebahan? Oh plis...

Inti dari semua ini, kuncinya ada dimana? MINDSET! Buka pemikiran lu. Liat kanan kiri. Pada keren, punya skill, ya lu jangan cuman jadi penonton yang bisanya rebahan sambil tepuk tangan doang. Umur lu berapa? Masih muda kan? Masih kuat buat begadang tiap malem, ngabisin waktu buat temuin passion diri lu dan ngasah bakat lu kan?

Ohya... Soal waktu. Pernah ngga sih, lu kaget ketika mengetahui bahwa berjam-jam waktu lu habis gegara maen hp doang? Yaaa, semua itu ngga kerasa. Sejam, dua jam, lama-lama 6 jam, padahal maen hp doang. Sehari itu kerasa sempit banget dan bentar banget.  Dan gue pernah bertekad dalam 24 jam full  ngga usah maen hp. Waktu gue yang biasanya gue habisin buat maen hp dan sosmedan, gue pake buat lakuin hal lain yang aga bagus dikit, wkwk. Nulis, masak terus dibikin video, ngedekor kamar, baca novel, latihan english speaking, ngotak-atik kamera sembari belajar fotografi, terus ngegambar. Selama 24 jam itu berasa lamaaaa banget. Dan gue sadar, bahwa 24 jam alias sehari itu waktu yang luas banget. Kita bisa lakuin jutaan aktivitas produktif dan bermanfaat dalam sehari kalo ngga main hp. Saat itu juga gue sadar bahwa waktu gue selama ini dipersempit oleh kehadiran hp. Bukan hpnya sih yang salah, tapi gue nya yang salah karena ngegunainnya ngga bijak. Apalagi sosmed tuh, haduh ngegoda banget.

Ohya. Masih ada kaitannya sama tadi. Juga soal tugas. Banyak banget temen-temen yang gue temuin, kalo lagi tugas banyak, nge-snap di IG/WA tentang tugas. Lu pikir deh, apakah tugas lu bisa selesai kalo lu posting ke sosmed tentang beratnya tugas lu? Lu berharap bakal ada yang liat, terus peduli gitu sama kesusahan tugas lu? NGGA ADA COY!! DUNIA NYATA ITU KEJAM. Setiap manusia punya kesibukannya sendiri dan ngga ada waktu buat urus hidup lu. Gue terkadang risi sama status yang isiannya bacot gegara tugas. Belum lagi baca kata-kata bacotnya, cringe. Haduuh.. Gue selama ini enjoy kerjain tugas, karena gue ngerjain tugas kaga pake bacot dan posting-posting ke sosmed. Gue bakal posting ttg tugas kalo tugas gue sudah selesai. Enjoy, santuy, aman. Itulah pepatah ketua senat fikom gue. Hahaha.

Ya.. Segitu dulu lah ya dari gue. Semoga kalian bisa berbenah diri. Semoga kalian jadi manusia sukses di kemudian hari. Jangan anggap gue sok suci dan sok pandai. Karena gue manusia pendosa yang juga masih belum tau apa apa tentang hidup, tentang ilmu pengetahuan, tentang kemanusiaan dan hal lainnya. Gue pun masih berada dalam sebuah perjalanan yang tentunya takkan pernah berakhir. Gue masih sering lakukan kesalahan. Kadang gue sering nampar diri sendiri, sindir diri sendiri, jahatin diri sendiri karena gue masih belum bisa memenangi ego di dalam diri gue.

Tapi, hal yang harus kalian tau adalah... Bersyukur, sabar dan ikhlas. Itu yang selalu membuat gue kembali tenang di kala gue sakit atau pun tertekan. Gue bersyukur masih bisa duduk di bangku kuliah. Gue merasa bahagia saat gue banyak tugas kemudian dipusingin sama ini itu. Tandanya Allah  pengen gue berkembang, pengen gue berilmu, pengen gue selalu eksplor hal-hal baru yang sebelumnya gue gatau itu apaan. Allah sayang sama gue, makanya gue dikasih masalah tiap hari dan berpusing-pusing ria tiap hari. Dan buat kalian yang ortunya berada, kalian ga usah susah payah nyari duit. Duit kalian dikasih, mau makan tinggal makan, mau apa tinggal apa, mau kuliah tinggal dateng ke kampus yang rajin. Ngga usah mikirin ini itu terkait biaya.

Coba deh tanya diri sendiri. Dan fokus sama apa yang lu udah punya. Nah, maksimalkan. Otak, tubuh, hati, dan tenaga yang merupakan anugerah dari Allah ini harus kita gunakan semaksimal mungkin. Harus!!

Gue selalu memulai semuanya dengan satu kalimat...

Bismillah!!

Dan kalian... Semangat guys!! :)


Guys.... Semoga tulisan ini bermanfaat ya. Kalo ada yang kesindir atau apa, yaudah terima aja. Toh melalui tulisan ini, gue sindir semua orang, bukan cuman satu atau dua orang.

 Semangat!!

Comments

  1. Saya suka dengan cerita kakak ini walaupun dengan bahasa kasar tapi sampai ke saya, bermanfaat sekali untuk menggerakan hati agar tetap semangat belajar:)

    ReplyDelete
  2. Saya suka dengan cerita kakak ini walaupun dengan bahasa kasar tapi sampai ke saya, bermanfaat sekali untuk menggerakan hati agar tetap semangat belajar:)

    ReplyDelete
  3. Memang ada sebagian orang yang harus 'dinasihati' dgn cara kasar, baru mau berubah. Kalau boleh, saya mau nambahin dikit ya ka.
    Ekhem, jadi gini, lu kalau ngrrasa capek banget ya lu kebut itu tugas kapan pun dan dimana pun. Misalnya minggu depan lu harus ngumpulin sebuah tugas, dan skrg lu ada jadwal kuliah. Sekarang, lu udah sampe di kelas nungguin si dosen datang, drpd ngobrol atau maen hp, mendingan lu kerjain tuh tugas. Meskipun tugasnya masih dikumpulkan minggu depan, lu langsung kerjain aja. Bayangin aja bahwa lu setiap hari bakal dikasih tugas sehingga lu harus kerjain tugas2 itu secepatnya. Aku ada di posisi itu dan orang2 tuh iri ngeliat aku selalu cepet selesaiin tugas. Trus aku mikir "ngapain lu pada iri? Iri elu tuh gk guna! harusnya lu lgsg ngikutin cara gua." eh tapi tuh org2 masih pada SKS (sistrm kebut semalam) , suka kali ngerusak badan dgn begadang, suka kali buang2 waktu. alhamdulillah gua bener2 manfaatin waktu yg ada, sehingga selama ini aku hampir gk pernah bergadamg karena tugas. Emgnya kalian gk mau kayak gua? Tugas selesai dgn cepat, dan fisik gua juga sehat karena gk bergadang, mau kek gitu gk? Dan lucunya lagi, ada org2 yg gk suka kalau aku istirahat tepat waktu, haha. Mereka mau aku begadang kek mereka? No. Kata temen gua, percuma lo sukses tapi sakit2an. Gua, insya Allah ke depannya bakal lbh byk kegiatan, bismillah gua harus jaga kesehatan gua dgn hindari begadang, dan gua bakal harus lebih produktif meskipun cuman 1 menit waktu luang gua.

    Orang tuh kebanyakan lalainya, tugasnya bentar doang, mondar mandirnya, pamer tugas di sosmed berjam2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren banget nih caranya. Warbyazah. Wkwk. Nah, gue juga sama. Gue kerjain tugas tuh cuman bentar. Gue kadang suka colong waktu kuliah. Misal lagi sesi presentasi, terus gue capek dan gabut. Yaudah, kerjain aja tugas matkul lain. Wkwk. Gue suka begadang bukan gegara tugas alhamdulillah, tapi karena kerjaan. Ya urusin akun dagang, atau kadang iseng nonton videonya skinnyfabs, atau baca novel. Dan pas gue iseng cek sosmed, tmn tmn gue masih pusing mikirin tugas, ketara jelas dari snap yang mereka posting. Kalo snap snap mulu kapan beresnya tuh tugas? Heran wkwk

      Delete
  4. Wahhh mantap ini. Mahasiswa skali wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehehehe iya ya kang. Akang ngalamin juga kan btw? Wkwk

      Delete
  5. Apabila memang benar segala sesuatu aktifitasmu diawali dengan kata "Bismillah" seharusnya isi dari Blogmu tidak seperti ini. Sejatinya bila diawali dengan kata 'Bismilah" hati akan lebih tenang. Perlu diingat kata-kata suci seperti "Bismilah" tidak akan pernah satu level dengan siapapun kalau tidak ikhlash dan tidak ada yang mengikhlaskan.
    Terlalu banyak orang yang lebih sulit dari hidupmu tapi mereka bisa memaknai hidup ini dengan lebih elegan. Terlalu hijau untuk seukuran hidupmu yang berani mengatakan 'DUNIA INI KEJAM". Jangan memandang kehidupan ini dari sisi hawa nafsumu, berkeluh kesah adalah ajaran sesat dari Iblish Rajanya Syaiton. Tidak pernah ada ajaran manapun yang membenarkan suatu keluh kesah. Ini hidup camkan itu. Kendalikan hawa nafsumu!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emangnya ada manusia yg ga pernah berkeluh kesah? Bukannya berkeluh kesah adalah hal yg manusiawi? Toh hak saya juga kan mau ngeluh seperti apa juga. Bebas, sesuka hati saya. Dan saya yakin anda pun pasti pernah berkeluh kesah. Keluh kesah memang salah. Semua orang menyadari itu. Tapi perlu anda ketahui. Berkeluh kesah bukan tidakan kriminal, jadi sah sah saja bila tidak berlebihan dan tidak mengganggu orang lain.

      Delete
  6. "kepengen berhenti aja".......betapa pengecutnya kamu ini, ngebacot seabreg kata tersempil ucapan kerdil itu di blogmu. Ingat Di Atas Cahaya Masih Ada Cahaya Camkan itu.
    Beginilah kalau Mahasiswa otaknya ada di dengkulnya dan Hawa Nafsunya ada di kepalanya. Contoh orang Munafik. Kendalikan Hawa nafsumu!!!!!
    Sepertinya kamu orang yang kasar, kacau dan tidak berbudi kamu so alim, so baik dan so pintar. Kendalikan Hawa Nafsumu!!!!
    Sebaiknya berhenti ngebolg karena isi blogmu nggak pantas untuk dibaca. Kamu seperti orang stress.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga pantes dibaca? Lah emang siapa yg maksa orang orang buat baca blog saya? Lah kalo emang blog saya ini ga pantes dibaca, terus anda ngapain ngabisin waktu buat berkunjung ke boog saya dan baca baca? Komentar pula, haduh gimana sih anda... Saya so alim? Saya bicara sebegitu toxicnya masa dibilang so alim? Saya cuman menampilkan bagaimana diri saya senatural mungkin. Apa yg saya tulis, nah seperti itulah saya. Kalo ngga nerima apa yg saya tulis ya ga masalah. Toh blog ini sifatnya kan personal blog yg fungsinya sama kaya diary. Masalahnya dimana?

      Delete
  7. Pastikan bahwa hatimu kuat sebelum membaca tulisan ini......ha....ha......ha.....dasar pelawak lu.
    nyuruh orang kuat eeeeeh tulisanmu ntu yang bikin lu kelihatan tambah tololnya....dasar orang bego...makanya jangan miara ego.....semakin aku baca blog-blogmu semakin ketauan kamu ini emang konyol ohhhhh maaaaaaaaaayyyyyyy gooooooooooooooooootttttttttttt...banyak cuci muka lu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo anda pikir tulisan saya isinya ketololan, lah ngapain anda baca blog yg añda bilang NGGA PANTES DIBACA ini? Sekarang siapa yg tolol? Saya konyol? Memang... Kenapa?

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

GOBLOK

#dontfakeyourself DUA TAHUN PERADABAN

Kepahitan Hidup Tiada Berujung