Turning The Negative Into The Possitive


Ngga kerasa ya, 2019 udah abis aja. Kenapa semua begitu cepat? Satu tahun, ngga kerasa apa apa. Berlalu dengan gitu aja, dan cuman ninggalin rasa sesal yang begitu membekas di benak gue. Udah lama banget gue ngga nulis blog kan, habis gue ngga ada plan, atau bayangan tentang apa yang mau gue tulis di blog.....

Untuk mengawali tahun ini, gue bakal ceritain kenapa gue nulis blog. Jadi guys, gue tuh udah lamaaaa banget kepengen punya blog. Cuman gue ga tau cara buatnya. Semua berawal ketika gue masuk SMP dan mengenal warnet. Setiap hari warnet setiap hari browsing sampe duit habis. Gue lagi iseng-iseng ketik 'diary' di Google, kemudian muncullah Diary Anak Kampung. Nah, itulah pertama kalinya gue baca blog yang isiannya kaya buku diary. Empunya blog adalah mas Kaesang. Kalian tau Kaesang kan? Itulhooo... Putranya Pak Jokowi. Nah, dia yang nulis blog di Diary Anak Kampung. Gue baca-baca blog dia, rasanya asik juga. Menghibur, lucu, seru, dan narsis kaya gue. Wkwk. Aduh maaf ya mas Kaesang, udah nyama-nyamain mas sama diriku ini haha. Gue kenal sama Kaesang dari sebelum bokapnya terkenal (mungkin), atau karena gue kurang makan berita aja kala itu. Gue yang hobi nulis diary sejak TK ini jadi kepengen juga bikin situs blog kaya mas Kaesang. Tapi saat itu gue ngga tau caranya dan mager buat berusaha cari tau gimana buatnya. Alhasil, gue tulis diary di buku aja sampe berdus-dus buku diary yang pada akhirnya gue tinggalin semua di asrama.

Gue memutuskan nulis blog pada bulan November 2018, pas gue lagi galau-galaunya putus dari akang mantan. Eh iya nih. Hampir dua tahun ngga berkabar, gue dilanda rindu. Wkwk. Gue tulis apa yang ada di kepala gue. Juga soal kuliah, kerjaan, keseharian, yang biasanya gue ceritain ke akang pacar, malah gue ceritain di blog. Gue pun pada saat itu kan masih semester 3 an kuliah, dan lagi hectic-hecticnya kuliah+kerja. Kemana mana nugas, kemana mana bawa laptop. Jadi gue nulis diarynya ngga di buku, tapi di laptop. Gue sediain folder khusus yang menampung semua tulisan diary gue. Terus pas gue pikir pikir, sayang juga kalo tulisannya cuman disimpen buat sendiri doang. Yaudah, akhirnya gue lakukanlah cita-cita lama gue, yakni membuat laman blog sendiri. Hehehe. Kenapa sih, gue pengen banget tulisan harian gue dibaca? Karena kalo gue nulis diary tuh bukan sekedar diary biasa gaiss. Gue kadang suka nulisin keresahan gue terhadap negeri ini. Kekesalan gue sama budaya atau adat tertentu, sama sikap orang yang jenis ini atau itu, kemirisan gue sama negara Indonesia tercinta yang seringkali dikeruk negeri orang lain tapi negeri kita malah ngga dapet apa-apa, juga tentang sejuta impian gue sebagai seorang perempuan, dan lain lain. Gue pokoknya bawel bgt kalo soal nulis diary. Makanya, gue merasa sayang banget kalo ngga di publikasiin dan ngga dibaca orang... Ya gue ngga berharep banget dibaca sih. Cuman barang kali ada orang yang pemikirannya sama kaya gue, pernah merasakan keresahan yang gue rasakan, dan lain lainnya. Gue cuman mau berbagi itu aja. Selesai. Toh gue juga ga tau apakah blog gue ada yang mau baca atau engga. Haha. Basi.

Terus juga.... Apa lagi ya?? Oh iya! Gue juga kan hobby banget baca blog orang. Mulai dari personal blog yang fungsinya kaya diary, blog puisi, blog tips and trick, blog travel, blog kecantikan dan lain-lain. Nah, gue kepikiran, kenapa gue ngga ngeblog aja? Gue ngga pernah mikir gue akan dikenal orang sebagai blogger yang hobi posting tulisan atau apa apa dari ngeblog. Intinya gue ngga mikirin hasil. Gue cuman cari wadah nuangin semua keresahan gue aja. Karena kadang manusia itu ngga bisa dipercaya. Dalam artian kaya gini nih... Misal gue curhat ke seseorang, eh malah gue yang disudutkan sama si orang yang gue curhatin itu. Malah gue yang dihujat, disalahin, dikatain, malah yang lebih parah gue dibandingin sama dianya. Tujuan gue cerita itu karena gue ingin didengarkan, itu aja kok. Eh ini malah direspon yang jelek dan membuat gue makin sedih. Idih, kesel. Maka dari itu, gue pikir blog adalah wadah yang tepat buat publikasiin perasaan dan pemikiran gue.

Well, waktu selalu berjalan. Tahun 2020 ini diawali dengan peristiwa yang sangat tidak mengenakkan. Mulai dari banjir yang melanda Ibukota tanggal 1 Januari 2020 kemarin, terus juga kebakaran hutan di Australia. Nah, soal kebakaran hutan ini adalah yang paling bikin gue nangis histeris. Ya gimana engga, dari postingan yang gue liat di Instagram, banyak jepretan hewan yang hangus kebakar. Hutan juga ludes. Ya ampun... Gue ga sanggup bahkan ngingetnya. Gue tuh tipikal orang yang bakalan jadi lemah banget kalo ada bahasan yang menyinggung perihal peristiwa yang terjadi sama planet bumi. Gue bener-bener takut banget. Narasi tentang hutan gundul, kebakaran hutan, longsor, global warming, tsunami dan hal lainnya, itu yang membuat gue nangis-nangis. Terlebih kalo bicara soal teknologi yang perahan menjajah keasria  bumi. Ya, dunia ini sudah tua. Sudah dilewati oleh beberapa zaman juga peradaban manusia. Gue suka ngebayangin apa yang akan terjadi sama planet bumi kedepannya. Apakah armagedon itu nyata? Apakah bumi ini akan hancur lebur? Apakah kiamat akan datang sekitar 60 tahunan lagi? Yang gue inget adalah, Allah akan selalu menunda terjadinya hari kiamat apabila di muka bumi ini masih ada orang sholeh. Seketika gue mikir, gue ingin sekali jadi wanita shalihah yang selalu melakukan perintah Allah dengan lillahita'ala dan penuh keikhlasan. Tapi setan dalam diri ini masih sulit buat gue kalahin. Astaghfirullah. Eh eh, kok gue mendadak agamis gini sih? Wkwk.

Gue baru selesai UAS nih guys. Sebenernya masih ada satu matkul lagi yang belum UAS, yaitu matkul Manajemen Event. Bentuk UASnya tuh praktek bikin event. Event-nya Februari nanti tanggal 13. Tapi bukan itu yang mau gue ceritain. Melainkan kepuyengan gue yang selama ini mengintai kepala gue. Astaghfirullah, sampe gue pernah tuh ya, lagi makan pecel lele, minumnya tuh es teh manis. Kan kalo mau makan pecel lele, kita pasti dikasih mangkok berisi air bening buat kobokan cuci tangan. Pas pesenan dateng, ada dua macem air lah di depan gue. Gue enak aja minum dan cuci tangan. Nah, pas gue cuci tangan ini nih gue mulai sadar.. "Ih, kok air kobokannya dingin ya? Kok warna coklat sih?" dan eng i eeeeeng... Yang gue minum itu adalah air kobokan yang berada di dalam mangkok. Sedangkan air yang gue celupin tangan adalah air es teh manis kecukaan gue :( :( :( Sedih. Sestress itu gue sampe ga fokus.

Gue suka sedih nih kalo udah sampe separah ini. Gue tuh kadang heran tentang hal apa yang selama ini buat gue merasa heran? Hal apa yang terus-terusan nyampah di otak gue? Gue mikirin apa sih? Gue kenapa sih? Gue ngga tau. Gue selalu bertanya-tanya ke diri gue yang bahkan si pertanyaan itu aja ngga mampu gue jawab. Aneh, gue pikir. Disinilah pikiran gue mulai loncat-loncat. Apakah gue lagi kepikiran sama kuliah? Atau karena gue puyeng mesti nyari duit kemana? Atau gue lagi kepengen punya cowok? Atau...bisa jadi karena...gue takut dicabut nyawanya dalam keadaan ga baik? Loncat lagi ke hal lain. Nilai gue gimana? Aman ngga? Tugas gue di Hayybray gimana? Eh gue belum cuci baju ya? Oh ya, kerudung item gue udah jelek. Beli lagi atau jangan dulu ya? Teruuuuus aja pertanyaan-pertanyaan muncul tiada henti. Dan ngga pernah jelas tentang apaan.

Ngga jarang gue bilang ke diri gue, "Fine.... Come on Gwen. Jangan sedih sedih terus. Gue ngga boleh sedih ah. Gue harus kuat!!"

Tapi gue pun ngga bisa bohong sama diri gue bahwa gue kepengen nangis, gue kepengen teriak, gue kepengen ngadu, ceritain ini semua sama satu sosok manusia yang betul-betul bisa dipercaya dan worth it buat gue. Then, I found... Myself. Again and again.

Oh ya. Kemarin, gue sempet nulis puisi berjudul Depresi. Kalian btw udah baca belum? Kalo belum, silakan cari di home gue buat baca ya. Eh eh tapi tapi tapi... Emang bakalan ada yg baca puisi gue? Bakalan ada yg peduli? Ah gatau. Bodo amat huhu. Toh gue ngga berharap ada orang yang baca apalagi apresiasi. Gue sepenuhnya hanya mencurahkan apa yang ada di hati gue. Oke, back to the topic. Kalian coba deh inget-inget pelajaran Bahasa Indonesia semasa sekolah. Pasti kalian pernah  belajar drama, teks novel atau teks cerpen. Nah, dalam sebuah karya tulis, pasti ada yang namanya unsur internal dan unsur eksternal. Pun dengan puisi gue, ada banyak unsur eksternal yang menjadi faktor mengapa puisi gue bisa tertulis. Karena gue terus menerus membatin, sakit hati, ngga percaya diri dikarenakan beberapa orang yang merampas rasa percaya diri gue, dan juga banyak hal lainnya.

Relatable sama paragraf sebelum-sebelumnya nih, lagi-lagi karya gue terbit dari segala keresahan gue. Inilah yang gue sebut sebagai changing the negative into possitive. Yang tadinya gue berprasangka negatif, gue marah, gue sedih, resah dan terjatuh, sampai akhirnya gue menemukan bahwa ada hal positif lho di balik semua ini. Buktinya, gue bisa buat tulisan, puisi, atau bahkan lagu. Meski gue bukan musisi tapi gpp lah ya iseng nulis lagu. Wkwk. Ngga selamanya yang negat itu negat. Hal posi bisa terlahir dari sesuatu yang negat. Paham ga? Kalo ga paham, mendingan bobo yuk :p

Kemarin ada orang yang nanya ke gue, "Gwen, apa sih hal yang memorable di tahun 2019?" dan gue ngga bisa jawab. Bisa sih jawab, tapi mesti jawab apaan? Ada hal spesial aja kaga. Ada hal penting aja kaga. Hidup gue selalu flat seperti biasa. Tapi gue kembali kaji tuh, arti dari kata 'memorable'. "Oh, hal-hal yang ngga bisa dilupain ya?" gumam gue. Fiks, gue kangsung keinget mantan. Betapa sakitnya setahun ini hidup hampa tanpa seseorang di samping gue. Gue kangen tahun 2017-2018an. Di mana masih ada dia, masih kemana mana bareng dia, kalo apa apa pasti selalu sama dia, ya seperti pacaran lumrah aja gimana. But again and again, this is what I called as changing the negative into the possitive. Coba kalo sampe detik ini gue masih pacaran, pasti gue manja. Pasti gue ngga bisa lakuin apa apa sendiri. Pasti gue ngga akan belajar gimana caranya tangguh. Gue ngga akan belajar problem solving. Gue pasti ngga makin pinter dan ngga berkembang. Di balik kesedihan gue gegara putus cinta, ada hadiah yang Allah persiapkan buat gue. Setelah gue putus dan menjomblo, gue belajar banyak hal sendirian. Ye ye ye. Gue happy. Wkwk.

Bahasannya jadi bucin. Ga seru ah.

Yaudah, lanjut di tulisan nanti. Bye semuaa......

Comments

  1. Gwenn lu emg manja kali,udah lah g ush pcran lu tuh kan kang nyakitin couo

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

GOBLOK

#dontfakeyourself DUA TAHUN PERADABAN

Kepahitan Hidup Tiada Berujung