Orangtua? Apa mereka perlu kita buat bangga?

Guys
Jangan pernah kalian berharap bisa banggain ortu deh.

Apapun yang kalian capai, pikir bahwa itu adalah buat diri kalian sendiri. Bukan buat siapa siapa :)

Pernah ga sih kalian tanya sama diri kalian, "Kalo gue lakuin ini itu, ortu bisa bangga ga sih sama gue?" 

Gue pernah. Waktu kecil. Gue selalu berusaha keras semampu gue, did all my best buat semata-mata banggain ortu, hingga segede ini gue selalu berusaha SEMAMPU gue dengan segala yg gue miliki. Tujuannya satu. Apakah ortu akan apresiasi bagaimana gue berproses? Atau cuman mau lihat hasilnya aja? 

Ngomongin hasil, mau hasil yang gimana? Berupa apa? Apakah hasilnya diukur dari segi duit aja?

Hehe

Gue pernah jadi anak yang segoblok itu ternyata.

Sampai akhirnya gue berpikir, merenung tiap hari, dan tanya sama diri gue sendiri... "Njir, buat apa sih kerja keras buat bahagiain ortu? Kalo ortunya apresiasi dan bisa menghargai, itu masih mending. Tapi ini, gue selalu jadi sampah.... Terus buat apa berusaha bahagiain dan banggain ortu?"

Gue pun ubah haluan dan ganti tujuan gue. Goals gue saat ini adalah menjadi pintar, kuat, dan sukses bukan untuk banggain ortu. Tapi untuk banggain diri sendiri. Segala pencapaian gue adalah kebahagiaan gue sepenuhnya, bukan ortu, apalagi orang lain.

Gue begini bukan berarti gue ngga ngehormatin ortu. Bukan berarti gue ngga inget sama perjuangan dan kasih sayang ortu gue. Gue akan tetap mengingat itu semua. Gue akan tetap berterimakasih sama ortu yang telah berjasa ini itu buat ngebesarin gue. Tapi gimana ya? Cape aja gitu, udah cape berusaha tapi selalu dipandang sebelah mata. Apa yang pernah mereka banggain dari gue? Bukannya mereka selalu banggain ponakan-ponakannya yang lain yang katanya di atas gue? 

Apakah gue sesampah itu? Gue udah berusaha ini itu...... Udah. Banget. Semampu gue. Dengan mengoptimalkan semua yang gue miliki. Gue lakukan yang gue bisa lakukan. Tapi.... Hehe. Hanya sakit hati yang gue dapet.

Jadi, buat apa sih ada keinginan mau banggain ortu?

Banggain diri sendiri, itu jauh lebih penting. Dan jauh lebih bahagia.

You deserve got what you did.

Semangat!!

Makasih :)

Comments

  1. Saya kira membahagiakan dan membanggakan orang tua adalah satu hal yang seyogyanya dilakukan setiap dari kita, masih banyak orang tua diluar sana yang mampu menghargai anaknya namun dengan caranya masing-masing. Persoalan yang kamu alami sebetulnya lebih kepada orang tua yang toxic, dan menjadi egois bukanlah solusi dari hal tersebut.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

GOBLOK

#dontfakeyourself DUA TAHUN PERADABAN

Kepahitan Hidup Tiada Berujung