Blog-Walking Life-Walking


Tadi malem rencananya gue mau tidur cepet, karena udah lelah belajar seharian di Dispusipda Jabar. Btw, gue udah lama banget ngga belajar di sana. Secara, gue baru banget beres KKN dari bulan Agustus sampe tanggal 5 September kemaren. Cuman, tadi malem gue gabut parah dan gue ngga bisa tidur. Lo yang udah dewasa secara usia, pasti pernah dong mengalami bagaimana rasanya lelah, ngantuk, tapi mata enggan terpejam dan badan seolah menolak untuk diistirahatkan? Nah, itulah yang juga gue rasakan tadi malam. Akhirnya, gue browsing-browsing cerpen komedi di Google. Sampe akhirnya gue bosen, dan memilih baca sesuatu yang ringan namun cenderung berat.
Gue finally membuka file yang berisi link blog orang-orang yang gue dapet dari Komunitas Pekerja Blogger Indonesia beberapa bulan lalu. Gue ngeblog-walking lah, sampe puluhan artikel yang gue baca. Yang gue baca random aja sih, mulai dari blog tentang kecantikan yang isinya ngereview makeup dan skincare, sampe ke blog tentang traveling yang isinya banyak banget bahas-bahas soal atraksi di negara lain. Gue disitu merasa tertinggal banget karena udah lama ngga blog-walking, so I got many information. Gue merasa banyak banget yang belum gue tau, hiks. Kampungan sekali gue inih.

Di penghujung aktivitas blog-walking gue ini, akhirnya gue secara bim salambim tiba-tiba sampe ke laman blognya kakak gue tercinta, yaitu Gita Savitri Devi. “Ah, blognya belum ada tulisan baru,” gerutu gue. Tapi, gue juga belum sempet baca blog dia yang lama-lama. Gue pikir, kali aja lebih seru. Jadi ya langsung lah gue capcus cari-cari blog dia yang lama. Sampe akhirnya gue menemukan blog yang sepertinya gue pernah baca konten yang serupa dengan tulisan kak Gita itu. Wait…. Di blognya siapa gerangan, gue pernah baca hal serupa? Ohya! Di blog temen sekampus gue. Sama percis, dari mulai ngebahas jarak dari rumah ke kota rantauan tempat cari ilmu, cerita tentang betapa niatnya ngelamar kerja, hingga bokapnya sakit pun diceritain. Gue gatau apakah si temen gue  inini emang niat co-past karena ngga ada bahan buat nulis, atau hanya sekedar terinspirasi oleh kak Gita? Wkwkw. Syudahlah jangan bahas. Gue takut aja kalo dia baca ini atau temen-temennya baca ini, bakal ada keributan yang akan menyiksa batin gue. Jujur, gue lemah. Meski diluar gue terlihat dingin dan tampak selalu baik-baik aja, atau bahkan galak, garang  dan jutek abis, tapi di dalem hati gue nangis dan sedih banget.

Hmmm, berbicara soal temen-temen kampus nih, gue jadi inget sama waktu pas KKN. I really have no partner. Kenapa gue bisa bilang kaya gitu? Karena gue mengalami stress berat saat KKN. On the other side, I really have a lot of problems but I didn’t know the right people to share all it with. Dimana gue lagi ngga ada duit buat bertahan hidup, sedangkan temen-temen pada ngehedon mulu. Akhirnya gue diem di posko aja sambil YouTube-an, itupun karena ada kuota bonus sisa-sisa kemarin yang dibeliin sama sahabat  gue di media sosial. Sembari nahan laper, dan nahan ngantuk karena nunggu mereka pulang dan ke kamar. Gue juga merasa menjadi orang yang paling ngga tau apa-apa tentang urusan proker. Setiap gue berusaha cari tau dan nanya, gue selalu dilempar-lempar. “Tuh tanyain aja ke si B,” terus kata si B “Tanyain aja ke si A.”

Nah, bisa kalian nilai sendiri betapa resenya mereka. Padahal gue juga orang, gue anggota, gue lagi KKN juga woy disini dan gue berhak tau urusan-urusan. Dan yang lebih buat gue sakit hati, ketika temen sekelompok gue lagi bingung sama keadaan, gue tanya dia, apa aja yang bisa gue bantu. Dan gue harus lakuin apa aja. Dia malah diem. Tapi, pas ada orang lain yang beda kelompok, dia malah ngomong sama si orang itu, padahal ada gue temen sekelompok dia yang dari tadi menanti-nanti jawaban dia. Hmmm, gue pun jadi males peduli. Belum lagi, kalo gue ada salah sedikit aja langsung diomelin segala macem. Sampe ada tuh temen gue cowok tapi mulutnya lemes kaya cewek, yang setiap perkataannya menyayat hati gue yang lemah ini. Gue udah mencoba berkontribusi banyak, dari mulai mikirin ide-ide branding desa, terus nanganin media sosialnya desa biar makin diakui eksistensinya, terus soal proker perpustakaan desa pun gue sumbang buku cukup banyak. Bahkan paling banyak. Temen-temen, mna ada yg susah payah nyari buku sumbangan? Gue nyari sumbangan dan kekumpul sekitar dua dus besar yang gue ambil jauh-jauh di Rancaekek. Gue juga ada andil buat rekab data dan dokumentasi buat bahan isi laporan KKN. Gue udah berusaha! Dan mereka.... kenapa?

Gue sadar sesadar-sadarnya bahwa gue bukanlah orang yang menyenangkan. Tapi, apakah ngga bisa jaga mulut sedikit kalo ngomong sama gue? Gue barbar bukan berarti gue ngga bisa sakit hati. Gue dingin, kaku dan cenderung egois, bukan kerarti gue careless. Even, kalo gue udah nyaman sama orang, gue pun bakal respect sama orang tersebut. Gue bakal lakuin apa aja buat dia. Lo ngga bisakah bayangin kalo jadi gue gimana, yang kalo diomongin kaya gitu, cuman bisa mewek sendiri, cuman bisa diem tanpa cerita ke siapa siapa. Lo semua mah enak, masih punya temen, punya geng-gong yang bisa lo curhatin. Lo masih punya seribu temen yang siap ada buat lo. Lah gue? Saat gue sedih, hanya gue dan Allah yang tau. Hanya gue dan Allah berdua yang paham apa sebenernya yang gue mau.

Rentetan cerita gue di atas adalah peristiwa yang membuat gue akhirnya makin merasa bahwa orang-orang itu pada jahat. Jarang ada orang baik, jarang ada orang yang asli, dan hasilnya ngga ada orang yang bisa buat gue deketin apalagi gue jadiin temen. Gue disitu juga makin merasa nyaman sama cyrcle pertemanan sama orang-orang di media sosial, yang gue belum kenal dia, belum pernah liat orangnya secara langsung, atau bahkan gatau ini orang asli apa ngefake (secara identity). Gue merasa mereka tuh lebih mau dengerin apa isi hati gue, lebih mau ngehargain perkataan gue, kalo dibandingin dengan orang-orang yang secara kasat mata ada di depan gue tapi mereka kaya ngga ngedengerin gue kalo gue ngomong. Yaaa contohnya, kalo gue ngegagas sesuatu, mereka ngga pernah kasih respect. Atau bahkan kalo gue ngomong gini atau gitu, mereka ngga pernah ngewaro. Kata “waro” disini artinya nanggepin atau jawab. Yaaa jadi gue hanya dianggap angin. Atau hantu. Ah entahlah, Tanya aja sama mereka.

Dan lucunya, again again and again mereka selalu menyalahkan gue. Nyalahin attitude gue lah, nyalahin tutur kata gue lah, serba gue serba gue. Mereka ngga sadar aja kenapa gue kaya gitu karena gue ngga dihargai. Gue selama ini sekuat tenaga ngehargain mereka, ngomong pun seperlunya karena gue gamau bikin orang risih sama perkataan gue. Tapi apa impact yang gue dapet? Sebuah sampah-nization dari manusia-manusia tersebut. Ya, gue disampahkan. Sedih banget ya. Hehhehehe.

Ada bahkan yang lebih lucu. Mereka marah-marahin gue karena sesuatu. Sesuatu itu isinya privasi gue yang mereka bongkar sendiri dari handphone gue selagi gue tidur. Ahhh, males bahasnya.  Gue males bicara panjang lebar soal ini, karena ujung-ujungnya pasti perkelahian dengan manusia-manusia yang sebulan nge-goha bareng gue. Ya gimana gue ngga ngakak sih. Mereka yang liat-liat privasi gue, mereka jugalah yang marah-marah dan nyeramahin gue. Sedih banget gue rasanya karena di Indonesia jaman sekarang masih ada yang kaya gini. Dalihnya sih, karena sayang dan peduli. Oke, gue masih bisa terima. Tapi, kalo soal ngebongkar privasi itulah yang gue ga suka. Padahal, gue juga ga ganggu siapa-siapa, ga gaggu mereka. Gue juga ngga pernah kepo urusan mereka. Karena hidup gue aja masih berantakan, dan masih banyak dosa yang mesti gue urusin sendiri. Gue seketika mikir aja gitu, apakah mungkin hidup mereka sudah sangat rapi sehingga mereka akhirnya cari-cari kerjaan dengan cara urusin dan benerin hidup orang? Ah entah. Shut.

Well, hanya itu saja sih yang mau gue curhatin sekarang ini. Yaaaa… menurut gue, hidup itu seperti blog-walking. Cukup lihat, baca dan cermati. Boleh berkomentar, asal mikir berribu kali apakah komentar ini layak buat dipublikasikan atau tidak. Apakah komentar ini mengandung toxic atau engga.



















This is me
Gweni Jeanna
Communication student
Ig @gwennn321
An introvert girl
Potterhead

Comments

  1. Replies
    1. Sorry, emangnya gue ngiklan di situs berbayar mana ya? Dan situ siapa ya, komen tapi beraninya pake akun unknown? Haha

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

GOBLOK

#dontfakeyourself DUA TAHUN PERADABAN

Kepahitan Hidup Tiada Berujung