Indonesiaku Sedang Sakit

Udah cukup lama juga seorang Gweni Jeanna ngga nulis-nulis menuhin blog lagi. To be honest, gue adalah tipikal orang yang selalu berekspektasi ini itu, tapi ragu-ragu kalo mau melakukan sesuatu. Yupp. Buat kalian yang dari dulu udah ngintilin tulisan gue, pasti tau dong kalo gue ini si INTJ? Hahahaha,,, ya. Saking INTJ nya gue, gue bener-bener bilang ke diri gue bahwa I’m a thinker, not a worker. Kalo lagi kerja pun, temen-temen gue yang bergerak kesana kemari, sedangkan gue hanya ngebacot ngasih arahan harus ini itu. Terus nih, kalo ngadain acara, gue yang paling rajin ikut rapat dan ngegagas tema atau konsep apa yg gue pikirin. Sedangkan pas hari H, gue diem aja sambil ngeliatin pemandangan temen-temen gue yang gotong ini itu wkwk. Dalem hati gue bicara, “Wah si ini nih yang jarang nongol di rapat, kemana aja dia? Kenapa nongol baru sekarangan?” Hehehe. Ngga bagus juga ya temen-temen. Jangan contoh gue.

Okay. Gue sebenernya pengen cerita. Gatau nih ada yg baca atau engga. Lagian siapa juga sih yang mau abisin waktunya buat baca blog gue? Wkwk. Well, negara gue sedang tidak baik-baik saja. Beberapa hari kemarin demo terus. Siapa lagi yang demo kalo bukan mahasiswa? Mahasiswa di negeri gue, seolah kaya punya power yang bener-bener ngga ada tandingannya. Gue bangga gue punya status sebagai mahasiswa. Tapi, gue kadang malu kalo gue bodoh, kalo gue ga bisa apa apa, atau bahkan kalo gue ngga melakukan kontribusi buat negara. Lebih malu lagi kalo gue berhadapan sama masyarakat yang ngiranya gue pinter dan multitalent, padahal gue ini aslinya sampah.

As you all know, beberapa hari belakangan ini, Indonesia-nya gue ricuh abis. Sebab, ada isu tentang RUU KUHP yang isinya ngaco bin ngawur. Gue ngga ngerti banget ya sama pemerintah di negeri ini. Pas kampanye aja butuh rakyat, sampe dimodusin bahkan disogok segala macem. Eh, pas mereka bikin aturan, bikinnya nyeleneh sendiri tanpa rakyat. Bahkan TANPA LOGIKA DAN HATI NURANI. Maka dari itulah mahasiswa bergerak melawan orang-orang bego berdasi yang menduduki kursi DPR. Gue sendiri bukanlah mahasiswa hebat yang demo turun ke jalan. Gue cukup pantau dari media sosial aja (Astagaaa Gwen!) dan mendoakan teman-teman mahasiswa yang demo.

Gue dapet kabar dari adik tingkat gue, temen seangkatan di kampus atau yg beda kampus, bahkan kakak tingkat gue yang dapet musibah selama disana. Ada yang bonyoklah, kakinya keinjek, atau kulit punggung tangannya robek. Gue sedih. Gue yang meski ngga ikut aksi, gue tetep bisa merasakannya. Tapi untungnya, sebagian besar dari mereka kuat dan merasa baik-baik aja. Gue juga malu sama diri gue. “Kenapa lu ngga ikut ikutan demo sih, Gwen? Indonesia-lu butuh lu, Gwen.” Itulah kata-kata yang gue lontarkan buat marahin diri gue yang hina ini. But the most important is… gue selaku mahasiswa bangga melihat jutaan mahasiswa lainnya melakukan aksi dan membuat kericuhan yang semoga bisa membuat DPR otanknya lurus lagi. HAHAHAHAHAHAHA (ketawa jahat ala sinetron kolosal Indonesia). Yang lebih membuat gue semakin takjub lagi adalah ketika anak-anak STM ikut turun ke jalan bantuin para mahasiswa. Aduh-aduh, anak STM mah ras terkuat dari warga bar-bar negeri wkwkwk land ini ya gaes. Yaaa seengganya pengalaman tawuran mereka cukup berguna juga buat negeri ini.

Disamping hal-hal yang udah gue certain di atas, ada juga yang membuat otak dan hati gue mendidih.  Apa ya? APARAT yang sangat KEPARAT. Jiji banget gue ngeliat tingkahnya. Pake acara mukulin mahasiswa. Terus mukulin jurnalis or wartawan yang lagi ngeliput. Belum lagi pake acara semprat-semprot gas air mata ke mahasiswa. Gue pengen muntah banget liat tingkah mereka kaya gitu. Korban mahasiswa banyak banget. Informasi yang gue terima, salah satunya adalah aula Unisba (Universitas Islam Bandung) jadi tempat evakuasi korban. Gue liat di fotonya, penuhhhh banget. Haduh, hati gue sakit.

Dan… Yang lebih bikin gue panas lagi adalah, ada orang dari kalangan mahasiswa yang pro aparat dan jatuhin mahasiswa serta jurnalis yang tengah bekerja di kejadian demo itu. Dia bilang, ”Duh Gwen, jangan mentang-mentang lu anak FIKOM lantas lu bela-bela jurnalis. Mereka pantes digituin sama polisi. Kehadiran mereka mengganggu lagian, keadaan ricuh malah bawa bawa kamera segala. Kalo polisi ngegebukin mah emang udah tugasnya. Saran gue, lu jangan terlalu bangga-banggain FIKOM lu itu.”

OHH EM JI… WHAT THE HELL!!! Situ udah mahasiswa kok masih aja bego ya? Lulus SD SMP SMA ngga sih? Belajar apa aja selama ini? Dimana kemanusiaan lu? Dimana kemahasiswaan lu? Apakah lu ngga ngerasain yang dirasain sama jurnalis-jurnalis itu? Iya gue ngerti, gue tau, lu emang risi bahkan benci sama jurnalis atau orang yang bergiat di dunia Komunikasi. I know you enough, bro. Mungkin orang Komunikasi yang lu temenin hanya gue satu-satunya, saking bencinya lu sama bidang Komunikasi. Tapi, seengganya bisa ngga sih humanity-nya dipake? Lu ga usah kebanyakan gaya gegara lu sering kajian-kajian. Buat apa kajian kalo humanity lu udah mati? Dan satu lagi. Kalo lu berangkat kajian, ngga usah upload ke instastory ya mas. Situ niat cari ilmu atau pamer karena berangkat kajian? Lu sering kajian bukan berarti lu lebih hebat dari mahasiswa yang hobynya main-main liat dunia dan sibuk organisasi. Lagi pula, hasil kajian lu bakalan jadi SAMPAH kalo ngga digunain buat bela bangsa. Paham?  Terakhir, saran dari gue ya, kalo hijrah ya totalitas dong hijrahnya. Kajiannya dari ulama yang terpercaya. Perlengkap dengan baca buku-buku Islami. Belajar juga sastra dan budaya, biar bisa bener-bener paham sama esensi Hadits dan Dalil, terus ngga salah kaprah buat relate sama jaman ini. Jangan kajian sama ustadz karbitan tukang bercanda. Hehe. Cuman saran sih. Lu yang baca ini, boleh lah kali-kali nemuin gue kalo ngga suka sama saran gue. Atau komen aja di bawah. Lu kan hobi bgt pamer dan pengen banget dilihat oleh seluruh netijen dunia. Is it true or right? Wkwk.

Btw gaes, ada juga orang yang serupa nih. Dia mahasiswa Pendidikan Agama Islam. Dia juga bilang “Dari pada menuh-menuhin jalan lebih baik datang ke majelis ilmu. Biar belajar agama, biar tau gimana cara bela negara.” Aduh, otak dia ancur keknya. Bela negara? Orang yang hobinya cuman diem di kelas dan buka buku doang mana ngerti soal ginian? UPS! Ya dia pikir dengan dia duduk doang di kelas, DPR bisa denger dia gitu? Sedih gue sama mahasiswa macem gini. Otak diisi full sama teori tapi implementasi dan aplikasi 0 besar. Gini ya, bukannya gue ngga bisa ngehargain pendapat dia, tapi yang jadi masalah disini adalah KOK DIA SEBAGAI MAHASISWA NGGA ADA RASA MALU BANGET NGOMONG KAYA GITU? Seolah mahasiswa yang turun unjuk aksi ke jalan itu adalah orang-orang yang ngga berilmu, ngga terpelajar, ngga bisa bedain mana yang salah dan yang bener. Seolah mahasiswa yang demo-demoan itu adalah golongan orang yang lupa belajar dan lupa Tuhan. Belum lagi  postingan dia yang isinya kaya gini, “Kalo polisi kejar-kejar kalian, jangan masuk mesjid untuk bersembunyi ya.” HEY!! Lu pikir mahasiswa sepenakut itu apa? Mahasiswa adalah agent of change yang mana mereka terpelajar dan tahu etika. Mereka tahu malu dan punya kemanusiaan. Masuk mesjid buat sembunyi? Haduhaduhadu. Itu bukan mahasiswa banget ya. Sorry to say, kalo mahasiswa juga punya manner. Anyway… Otaknya serusak apa sih? Yaaa ternyata gitu ya isi otak manusia yang menganut paham tradisional/terdahulu. Hidup di era 4.0 tapi pemikiran masih masa Megalithikum. Eh bukan deng, Megalithikum mah udah lumayan canggih. Orang kaya dia, pemikirannya adalah tipe pemikiran orang-orang yang hidup di era Paleolithikum, yang bahkan mungkin spesies manusia Homo Sapiens aja belum ada. Hahahahaha, ngakak sekali.
Terakhir, siapa yang membuat panas? DPR udah jelas. Selain DPR, ada juga (yang katanya) PRESIDEN negara berflower yang sangat mempesona ini gaes. Tuh orang kenapa sih? Aneh. Disaat saat Indonesia lagi kaya gini, lu bersembunyi, ga bersuara, diemmm aja kaya patung. Patung mah masih lebih baik karena dia keliatan wujudnya, nampakin diri. Lah lu? Kemana? Lu presiden apa setan? Ga professional banget lu jadi setan. Kalo mau jadi setan, yang nyeremin dong ah. Eh BTW lu ga cocok jadi setan pun. Karena lu itu lucu kek badut. Jadi badut aja sana gih. HAHAHAHHA.

Sekian dulu tulisan gue kali ini. Maap jarang upload tulisan lagi, dikaaarenakan itu tadi. Gue tipikal orang yang banyak mikir sedikit bertindak. Bye!

Comments

  1. Kak Gwen, bagus isinya. Tapi saya ada saran. Bagaimana kalau bahasanya diperhalus. Kan, kak Gwen jurusan komunikasi pasti tahu kan etika-etika dalam menulis. Saya yang bagian terakhir membahas soal Presiden kurang sependapat juga.
    Kalau bukan temen kak Gwen saya ndak bakal seperti ini. I love u 3000 kakšŸ¤£

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe iya. Aku terima saranmu dengan senang hati. Nah, sebenernya, ini kesalahan aku. Membuat tulisan memang ngga boleh dengan emosi. Dan saat aku menulis ini, aku serang emosi. Dan aku emmang aga kesel sama presiden wkwk. Over all, terimakasih udah mau kasih saran.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

GOBLOK

Kepahitan Hidup Tiada Berujung

#dontfakeyourself DUA TAHUN PERADABAN