#dontfakeyourself DUA TAHUN PERADABAN


Dari November 2018 sampai November 2020. Udah dua tahun lamanya gue ngeblog ternyata. Ngga kerasa. Eh, wait. November atau oktober ya? Gue aja lupa haha. Perasaan baru kemarin banget rasanya gue corat coret ga jelas dan di-publish ke blog. Dan dengan ngga tau malunya share link sana sini biar orang tau dan ngebaca. Lebih ngga tau malunya lagi, minta temen temen gue (tentu yang beda univ ya) buat promosiin link blog gue di grup kuliah mereka. Ada ada aja ampun. Kenapa gue minta tolong ke temen yang beda kampus? Karena ngga ada satu pun temen kampus yang mau ladenin gue kalo gue minta tolong wkwk. Apalagi minta tolong soal ginian. Udah pasti ga bakal ada yang mau.  Gue nanya seputar tugas aja kadang suka dicuekin. Apalagi dimintain tolong share link blog. Duh duh duh, ga ah. Ehehehe. Gue di kampus adalah makhluk terasing, guys. Wkwk. Lagian lumayan banyak juga temen kampus gue (terutama yang sefakultas) yang punya blog pribadi kaya gue. Dan mereka-mereka udah lebih lama ngeblognya dari gue. So, gue lebih baik minta tolong sama temen anak kampus lain. Tujuannya juga biar makin luas publik yang baca blog gue tuuu. Itupun kalo ada yang mau baca sih hehehe... (masih dengan ke-insekyur-an gue). Oh ya salah, harusnya insecure.

 

Gue? Gue adalah orang biasa yang punya kehidupan sangat biasa. Gue adalah orang yang selalu merasa takut menghadapi sesuatu atau orang. Gue adalah sosok penakut yang bersembunyi dibalik kata-kata yang gue rangkai sendiri. Gue hanyalah tukang kasih tau orang dan paling ga bisa kasih tau diri gue sendiri. Aneh. Gue? Siapa sih? Bukan orang yang bertalenta apa-apa, atau bahkan bukan orang yang ngga punya kepintaran apa-apa di lingkungan sosial sehari-hari gue. Btw guys, ini bukan bermaksud so-soan ngerendah ya. Ini beneran apa yang gue rasain aja. Pun ngga banyak yang kenal gue, ngga banyak orang yang melirik gue, ngga banyak orang yang suka gue. Mungkin kehadiran gue cuman mempersempit lingkungan aja. Dateng ke kelas, hanya asal dateng dan nyempitin kelas. Dateng ke kampus, diem aja kaya patung. Di rumah, cuman di kamar aja. Karena apa? Karena gue penakut. Pemalu. Ngga pede. Insecure. Gue ga punya apa-apa. Gue bahkan mikir gue ngga layak untuk jadi salah satu orang yang bergabung dalam kehidupan society. Gue berbeda. Gue ga normal!!

 

Berkali-kali gue baca quotes yang isinya tentang kepercayaan diri, positivity, dan semacamnya hanya masuk ke otak sekelebet doang. Berkali-kali gue internalize ke diri gue tentang berbagai macam pepatah, tetep aja bebel. Gue kaya ngga bisa terima itu. Gue terlalu lemah buat jadi orang yang kaya gitu. Gue pernah bertanya,

Kenapa sih orang-orang bisa normal?

Kenapa gue dari dulu selalu berbeda?

Kenapa semua orang tampaknya berani dan percaya diri?

Apakah mereka pernah jadi penakut seperti gue?

Apakah mereka pernah ngerasain gimana rasanya ngga punya temen dan sendirian terus?

Kenapa gue gini?

Pertanyaan itu terus muncul berulang-ulang sampai gue meneteskan air mata. Karena ngga guna!! Semua buku-buku motivasi yang pernah gue baca, film yang isiannya inspiratif, quotes bijak dari tokoh motivator idola gue, semua ngga ada gunanya. Emang. Karena gue gini terus. Gue ngga berubah. Gue masih berselimut dalam ketakutan yang hanya membuat gue jadi terlihat aneh dan sangat tidak menyenangkan dimata orang-orang. Giliran gue paksain diri gue buat show off, yang hasilnya malah buruk karena terpaksa.

 

"Di sosmed, lu kok banyak temen sih Gwen?"

"Lu pemboong jir. Ngaku introvert, di sosmed kerjaan jalan-jalan mulu kaya ngga punya rumah."

"Masa sih lu ngga punya temen? Terus itu siapa disnap lu?"

"Masa lu ngga ada temen sih? Bukannya lu suka makan-makan ya? Mana mungkin makan sendirian?"

 

Baca juga Maskulinitas Beracun

 

Kalimat-kalimat tersebut adalah kalimat dari orang yang ngga tau apa-apa tentang hidup gue. Berjam-jam gue hidup dalam sehari, yang dinilainya cuman snap berdurasi 15 detik. Heran. Hari gini masiiiih aja dengan mudah mengetahui hidup orang lain hanya dari medsos. Medsos kan pada dasarnya diciptakan agar orang-orang yang berjauhan bisa terkoneksi. Yang tadinya ngga saling kenal bisa jadi kenal. Medsos kan tempatnya sharing. Dan ngga semua hal dalam hidup disharing di medsos. Ada banyak hal di hidup seseorang yg ngga disharing. Masih bisa ngejudge dari postingan medsos? Misi, numpang bicara kasar. FUCKING STUPID, yes. Kelen-kelen. Sorry, but it’s true. And sometimes me too, honestly. Logikanya gini deh. Sekarang ada orang yang upload foto di dalem mobil. Udah tentu itu mobil dia? Bisa jadi itu mobil temennya atau siapanya. Sama dengan gue, posting foto sama orang, bukan berarti dia temen deket apalagi bff gue. Yang lebih gila lagi adalah soal nyangkutin kepribadian gue dengan berpergian. Lah? Sehat lu? Apakah hal aneh, kalo introvert pergi-pergi? Gue nyatanya punya kaki kok. Dikasih kaki sama Allah dan selalu selamet kalo gue ngelancong kesana-sini. Berarti Allah meridhoi gue berpergian. Lah, lu yang bukan siapa-siapa ngebacot kek ga punya akal gitu.

 

Terus soal makan-makan sendirian. Duh gini deh, sis. Di tubuh gue ini ada perut. Kalo gue laper, yang merasakan ya gue sendiri. Masa mau makan aja harus berbarengan sama orang mulu? Gue makan ya makan aja. Jalan sendiri, kan ada kaki. Makan sendiri, karena ini adalah perut gue sendiri. Kadang gue suka makan bareng sama orang. Itu pun dengan catatan si orang tersebut ngga rese. Karena kalo rese, gue bisa-bisa mati kelaperan nunggu orang ngedrama dulu nyari tempat makan. Bahkan ada yang ngga mau makan dulu kalo anggota gangnya belom komplit. Ngadi-ngadi aja manusia. Heran deh. Dan... gue mau kasih tau satu hal. Gue sehari-hari lebih sering makan di rumah. Gue biasanya masak, gue cantik-cantikin plating gue, terus gue fotoin makanannya. Gue mau nunjukkin “inil lho buatan gue,” that’s it. I know I’m not a food blogger, but I do love to take a pict of food porn.

 

Temen? Gue punya kok. Temen kampus, temen main rumah, temen SD SMP SMA. Itu temen. Ga deket banget. Cuman status  geografis doang. Sahabat? Gue punya dua orang sahabat perempuan di Cirebon. Dan satu orang sahabat laki-laki di Bandung, kenalnya pun di Cirebon. Oh ya. Ada satu lagi temen gue dari SD sampai sekarang masih sering main bareng, satu orang perempuan. Tempat curhat? Bukan siapa-siapa. Karena bagi gue, tempat curhat ternyaman dan terpercaya di alam semesta ini hanyalah gue. Kalo Allah, tanpa gue berdoa atau berbicara pun, pasti Allah udah tau. Gunanya sahabat? Buat nemenin main, makan makan, have fun, diskusi, belajar, dan lain-lain. Apakah gue curhat sama sahabat gue? Ya. Gue hanya mencurhatkan 5 dari 1.946.675 hal yang gue punya. Orangtua? Jujur, gue ngga punya kedekatan khusus kaya anak lain sama orangtuanya. Kalo yang gue liat, anak lain banyak yang posting foto sama bokap nyokap di medsos. Banyak yang minta doa dulu sebelum ujian ke nyokap. Ke kampus dianter bokap. Jalan-jalan, liburan bareng bokap. Itu kan orang lain. Bukan gue. Gue ngga begitu. Gue lebih nyaman sendirian dari pada ahrus bermanis-manis di depan meereka coz I don’t want to fake myself.

 

Baca juga Nostalgia Hujan

 

Oke. Takut. Ngga percaya diri. Selalu sembunyi. Semua itu udah berlalu. Tepat pada tanggal 22 Januari 2020 gue berjanji sama diri gue untuk berubah. Jangan takut lagi. Jangan merasa worthless lagi. Jangan menyepelekan diri sendiri terus. Jangan nyalahin diri sendiri dan perasaan sendiri mulu. Ah, panjang kalo bahas ini. Bawaannya gue suka sedih tiba-tiba dan jatuhnya jadi overthinking sendiri. But I DO LOVE MYSELF SO MUCH.

 

Oke. Hampir dua tahun corat coret di blog. Apa aja yang udah lu dapet, Gwen?  Dulu, gue selalu takut kalo ditanyain gini sama orang. Gue selalu bingung mesti jawab apa.

"Lu percuma nulis nulis kalo cuman gitu doang. Ngga ngehasilin apa apa."

"Itu bukan karya Gwen. Gausah berkarya kalo ujungnya ga ada profit."

"Tulisan lu aneh, Gwen. Ga jelas."

Ujar orang orang sirkel gue. Mereka adalah golongan orang yang tugasnya co-past. Mereka adalah golongan tukang nyontek. Dan mereka adalah golongan orang yang kalo nugas, hobinya mondar mandir bikin instastory yang isinya cuman keluhan. Ohya. Satu lagi, mereka adalah kaum rebahan yang suka pamer. Iya. Pamer. Pamer rebahan. Gilasi. Kalo selebgram pamer tas baru atau sepatu baru, lah mereka malah pamer rebahan. Kenapa ngga sekalian aja fotoin punggungnya yg item gegara keseringan rebahan? Terus post ke media sosial dengan hashtag #guekaumrebahan. Ngga totalitas amet.

 

Masih dengan pertanyaan yang sama. Apa aja yang udah lu dapet, Gwen? Sekarang, gue udah ngga perlu takut atau bingung lagi buat ngejawab ini. Karena gue udah nemu satu jawaban yang ngena : Kepuasan. Yup. Gue bener bener puas karena bisa nulis di blog. Meski orang bilang kalo tulisan di blog gue itu isinya ketololan, alay, atau ga bermutu apa apa, gue tetep bangga. Karena toh gue cuman orang biasa. Yang bukan siapa siapa. Yang cuman bisa bikin begituan doang. Yang otaknya cuman bisa mikir dizona situ situ doang. Ehehe. Gue cuman ingin menuliskan kembali apa yang gue temuin dihidup gue. Hasrat gue, pemikiran gue, perasaan gue, keresahan gue. Semua gue tulis dan gue post. Itu aja. Dengan begitu, gue puas bisa nyurahin polusi yang ngotorin ruang otak gue. Daripada itu semua ngga berbekas, maka gue tulis biar ada bukti bahwa "oh, ternyata gue pernah mikir kaya gini" yang suatu saat bisa gue baca kembali.

 

Bagi orang yang pernah ngestalk gue sampe ke akar (cielah... ngartis...) mungkin udah tau bahwa gue udah seneng nulis dari sejak TK saat usia gue masih 4 tahun. Sebelum gue nulis, gue udah suka baca. Baca yang ringan-ringan ala bocah, which is dongeng. Dari situ, gue suka mengkhayal jadi puteri yang kemudian gue tulis. Juga nulis diary yang isiannya dimarahin oma gara-gara rewel, pengen beli mainan tapi ngga berani bilang, sedih karena ngga dibeliin eskrim, dan lain-lain. Gue juga suka nulis kalo gue dimarahin bokap gue, diomongin kata kasar yang bikin hati ngga enak, semuanya cuman bisa gue tulisin di diary pas dulu. Kadang kalo di sekolah ada yang bully, gue juga suka sedih dan suka tulis di diary. Bahkan ngga cuman diary. Gue waktu SD suka bikin cerpen ala-ala gitu. Karena keseringan baca novel, gue sampe keinfluence  buat jadiin temen-temen yang suka jahatin gue adalah tokoh dalam ceritaan gue. Gue tetap tokoh utamanya, sebagai orang yang selalu irritated karena menjadi bulan-bulanan. Gue terlatih buat nulis hal-hal yang tidak fiksi. Wkwk. Padahal gue bisa berimajinasi dengan baik, namun kalo untuk nulis, malah ngga bisa karena akan mentok di tengah. Sampai akhirnya gue mutusin buat bikin personal blog yang fungsinya hampir sama kaya diary. Nampung kejadian-kejaidian real life gue secara utuh dan bebas.

 

Dulu, pas gue lagi seneng senengnya share link blog gue ke berbagai grup atau platform medsos, gue selalu mikir,

"Emang bakalan ada yang baca?"

"Emang bakalan ada yang mau mampir?"

"Emang ada orang yang mau buang waktunya buat baca coretan gue yang ngga jelas dan bukan siapa siapa ini?"

Semua muncul di kepala. Tapi karena gue mikir negatif, mikir bahwa ngga akan ada orang yang mau baca baca, yaudah. Share aja. Toh ngga bakal ada yg baca ini. Siapa sih lagian yg mau baca? Tapi.... Eh eh eh, kok tiba tiba udah 50 readers? Kok naik jadi 100? Kok jadi 500? Kok jadi 1000?  Begitu seterusnya. Gue kesemsem sama jumlah readers. Gue makin geer kalo ada orang yang berkomentar. Uwu. Kenapa sih??

 

Karena gue merasa effort gue dibayar. Gue merasa keresahan yang gue tulis itu mahal, makanya masih ada orang yang mau luangin waktunya buat baca tulisan gue di blog. Time is money, right? Time is priceless, right? Nah. Itu yg membuat gue jingkrak-jingkrak. Puas? Hmmmm... Ya, ngga ada sih. Kepuasan gue hanya sebatas bisa nulis apa yang nyesekin hati dan otak gue. Kepuasan gue hanya sebatas akhirnya gue nemu media atau platform yg pas buat gue nulis sesuatu. Kalo masalah readers dan apresiasinya, gue bukan puas. Melainkan terharu. Yes. Terharuuuuuuu aja gitu. Karena goals gue kan bukan ingin berkarir sebagai penulis. Toh gue nulia cuman iseng. Goals gue adalah gue bisa berekspresi sepuasnya melalui apapun. And I found Blogger when I was needing. That's it!!!

 

Okay. Segitu dulu ya come backnya. Semoga next time gue bisa lebih konsisten ngisi blog dan ngasih kalian keresahan keresahan ngga penting yang setidaknya bisa menemani kegabutan kalian.

 

Stay safe and stay health, everyone!!

I love U!!!

Comments

  1. Hai haiii.. wkwk kamu ko bisa nemu blog ki si wkwk. Dua2 nya lagi wkkw.. btw yg cerita yuk udh update😁

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

GOBLOK

Kepahitan Hidup Tiada Berujung