Tanpa Judul

Semester demi semester telah berlalu. Gue masih gini-gini aja. Bukan gini-gini aja dalam arti ngga semanget atau ngga ada perkembangan. Perkembangan sih ada. Contohnya, kaya mental gue yang udah mulai terbenuk semenjak masuk kuliah, pemikiran gue sedikit demi sedikit jadi cerah karena berbagai petuah yang dikasih sama dosen-dosen yang ngajarin gue. Pengalaman yang mereka share ke kita selaku mahasiswanya bener-bener bawa sejuta manfaat buat bekal hidup. Kalo boleh gue ibaratkan, mahasiswa lagi ada di ruang bawah tanah yang gelap, stucked dan ngga bisa lari kemana-mana karena ngga ada cahaya. Dosen tiba-tiba dateng bawa seberkas cahaya dari kejauhan. Terus semakin kita deketin, makin jelas keliatan bahwa itu bukan sekedar seberkas cahaya kecil, tapi lampu tumblr yang panjang, terang, kerlap-kerlip dan cantik.

Dosen manusia suci yang tak berdosa? SALAH. Buktinya dosen banyak mau dengerin masukan dan saran dari mahasiswanya. Dosen bahkan seriiiing banget minta maaf kalo terlambat, ngga bsia ngajar atau misal berbuat kesalahan ke kita. Gue bahkan pernah tuh, ngebajak kuliah dosen paling boring sejagad fakultas. Gue maju kedepan, ngegambarin sebuah piramida dan ngejelasin materi piramda itu yang gue dapetin sendiri dari hasil nyisirin rak buku di perpustakaan. Awalnya, pas gue ngelangkah ke depan kelas, si ibu dosen tampak tersinggung. Tapi pas gue jelasin ke temen-temen gue pelan-pelan, si ibu ngerasa fine dan akhirnya mengapresiasi gue. Hehehe, makasih ibu dosen.  Gue ngga merasa bangga, atau merasa lebih hebat dari temen-temen, atau gimana. Tapi yang gue rasa adalah plong karena udah “ngungkapin” apa yang pengen banget gue sampein ke temen-temen, tentang materi yang gue kira perlu banget dipelajarin sama gue dan temen-temen. Gue pengen sedikit ngiket atensi temen-temen gue aja sih, soalnya setiap matkul dosen ini nih, mereka banyak banget yang asik sendiri. Saking boring parahnya, ada temen gue yang mana doi duduk paling depan tapi berani banget nge-push rank. Waooou.

Begitulah keseharian gue. Btw, gue ngerasa bosen. Yang bisa gue tulis akhir-akhir ini di blog hanya bucin dan curhat. Curhatnya pun tentang kuliah lagi, kuliah lagi, terus aja gitu. Kalian bosen ngga sih sama tulisan gue akhir-akhir ini? Gue marah sama drii sendiri, “Gwen , kapan lu bikin konten yang asik dan keren lagi buat ngisi blog?” nah, itulah pertanyaan yang sampai detik ini belum bisa gue jawab. Hehehe. Tapi gapapa. Gue lebih nyamanan kaya gini sih. Eaaaakkk, bawa-bawa nyaman. Huhuy!!

Oh ya guys. Gue juga mau cerita. Ada satu orang di kelas yang deket sama gue dan mungkin dia cukup sering merhatiin gue. “Gwen, kok lu sekarangan jadi sering murung sih? Biasanya suka ketawa sendiri, tapi kok sekarang jadi sering cemberut dan ngga bergairah?” hehehe. Gue kalo ditanya-tanya soal gituan, gue ngga bisa bilang apa-apa. Gue kehabisan kata-kata. Karena gue….. emang lagi punya banyak masalah sih…..

Gue akhir-akhir ini lagi punya baanyaaak banget masalah yang ngga bisa gue certain satu persatu disini. Mulai dari yang berjenis privasi hingga receh. Saking banyaknya tuh masalah yang hari demi hari noyor kepala gue terus-terusan, gue merasa lelah dan kadang….suka pengen mati aja. Salah satunya, gue menghadapi rasa sakit akan bagaimana rasanya direndahkan. Gini lho, sebelumnya, situ siapa ya? Siapa lu berani nilai gue? Sekenal apa lu sama gue? Apa aja yang lu tau dari diri gue, sehingga lu bilang gue ngga pantes ada di bidang Public Relations? Gue ngga ngerti…. Mungkin saking hebat dan pinternya lu, atau bisa jadi karena banyaknya temen lu, atau keterampilan lu dalam hal jilat-menjilat? Sehingga lu bisa banget deketin semua orang termasuk dosen-dosen? Terus deketin mahasiswa lain dan ngeghibahih gue? Atau meminggirkan gue setiap ada kerja tim? Hey, buat bikin gue jatuh hingga tersungkur tuh ngga semudah itu Ferguso… gue bukan tipe orang perasa. Inget! Kadang gue ngga mempergunakan perasaan gue dalam hal bersaing. Bahkan, awalnya, gue menganggap mahasiswa yang belajar di kelas itu bukan saling bersaing, tapi saling support untuk mencapai kesuksesan bersama meski kesuksesan dari kita masing-masing akan berbeda dan akan dinikmati sendiri-sendiri.

 Tapi, semuanya karena lu! Lu yang udah membuat gue merasa bahwa manusia satu kelas itu semua bukanlah ‘friend’ melainkan ‘frienemy’ yang boleh gue bantai kapan aja. Lu tanpa sadar mengajarkan gue satu hal : Kejahatan untuk kebaikan pribadi. Dan gue tau betul, lu adalah orang yang tipikal perasa. Tapi ketika lu dihadapkan sama gue, perasaan lu dikemanain? Kenapa lu mudah banget buat benci gue? Gue kenapa? Apa karena gue bukan temen deket lu sehingga lu jahat? Atau gimana? Jelasin…. Ah, tolong, lumpuhkanlah ingatanku tentang hal ini, semesta. Kumohon.

Guys, tau gak nih. Gue suka diolok sama orang-orang kelas. Terlebih saat gue speak up di kelas untuk mengutarakan pendapat gue tentang sesuatu. Gue mencoba untuk menjadi mahasiswi yang baik. Gue banyak ngeliat kalo mahasiswa di Amerika atau negara maju lainnya speak up di kelas, mereka ilmiah banget. Karena isiannya bukan hanya pendapat mereka pribadi, namun juga didukung oleh teori atau kasus yang mereka dapetin dari hasil berliterasi. Itu berarti, mereka punya sumber dan data yang jelas untuk membuat argumen mereka tervalidasi dan kuat. Nah, pun gue, saat di kelas kalo ngomong, selalu bawa-bawa buku apa yang gue baca, tokoh yang pernah mencetuskan sebuah gagasan, kadang juga berdasarkan teori anu atau artikel anu, pasti ujung-ujungnya gue selalu disorakkin. Yang menandakan seolah mereka  ngga suka gitu kalo gue berliterasi, gue baca-baca, gue tau sesuatu yang mereka ngga tau. Dan parahnya, mereka kaya nutup telinga gitu lho atas penjelasan gue. Iya. Gue tau mereka udah pinter. Tapi, apakah mereka ngga bisa sedikit aja hargain gue sebagaimana gue menghargai mereka?

Berbeda dengan masalah sebelumnya. Gue udah berbuat suatu kesalahan besar yang bahkan diri gue sendiri pun ngga bisa banget maafin. Saking besar dan fatalnya kesalahan itu, gue ngga bisa lupa. Dan semenjak hari dimana gue melakukan kesalahan itu, keesokan hari beserta hari-hari berikutnya gue hidup dalam bayang-bayang ingatan atas kesalahan itu. Kalian ngga perlu tau ini apa. Dan ngga usah kepo juga. Maafin gue juga kalo gue udah mancing rasa penasaran kalian. Yang boleh tau perihal kesalahan gue ini cukup hanya Allah, gue, partner gue, dan anak-anak posko. Sisanya, plis ga usah kepo.

Hari-hari gue dipenuhi sama beban pikiran yang berat. Dosa, dosa, dan dosa melulu yang gue inget. Terus juga masalah keuangan. Lu guys tau kan kalo gue sekarang udah ngga kerja lagi? Gue udah ngga punya penghasilan atau pegangan lagi. Gue sekarang miskin banget, saking miskinnya duit 2.000 rupiah aja kadang gue ngga punya. Dulu, kalo mau jalan kemana meski sekedar habisin me time, gue ngga perlu pikir dua kali. Tapi sekarang harus pikir dua kali, karena gue harus memperhitungkan bensin yang gue abisin buat berpergian dan apakah besok gue masih bisa berangkat kuliah atau engga dengan bensin yang tersisa. Dapet duit 10.000 dari orang tua buat beli bensin lama banget. Jadi gue harus cukup pinter buat ngatur-ngatur. Disamping itu, maag gue yang sering kambuh kala siang. Kalo lagi belajar di kampus gue bisa nahan, karena malu kalo ketahuan mewek sama temen-temen. Tapi nih… kalo siang gue lagi belajar di Dispusipda, gue tangisin aja. Karena perih, sakit, ga enak, dan kesel gara-gara acara belajar gue keganggu sama tuh rasa sakit. Allahumma… gue harus gimana sih hidupnya? Kalo gue maagnya mulai kambuh, gue cepet-cepet ke loker dan minum air di botol gue. Gue bawa air sendiri dari rumah tiap hari. Kalo airnya habis, gue refill di mesjid Al-Akhyar pas gue sholat Dzuhur. Kalo airnya habis lagi, gue biasa minum air keran di tempat wudhu mushalla Dispusipda.

Hal yang memutuskan gue buat belum mau kerja dulu tuh karena…. Plis jangan ketawa ya… karena mata kuliah. Semakin kesini, mata kuliah makin susah-susah. Tugas juga makin bejibun, dan waktu yang gue punya cuman 24 jam perhari, itupun gue harus kurangi maximal 5 jam buat gue tidur. Jadi 19 jam dalam sehari itu gue pergunakan buat belajar. Gue harus bener-bener rajin belajar biar gue bisa mengejar ketertinggalan gue. Temen-temen gue mah udah terlahir pinter dengan sejuta bakat, lah gue? Gue harus kerja keras banget tiap hari biar gue bisa setara. Temen-temen (berdasarkan yang gue tau dan gue liat) masih punya waktu buat rebahan siang hari di kosan atau rumah. Bahkan masih sempet-sempetnya jadi aktivis kampus yang sibuk organisasi sana-sini demi hiasan di lembar CV. Gue mah ngga bisa banget. Gue harus belajar. HARUS BANGET! Tapi hal tersebut ngga membuat gue patah semangat kok. We’ll see, apakah gue bisa naik tangga apa engga. We’ll see apakah gue bisa pinter atau engga. We’ll see it all. Gue ngga akan pernah nyerah. Karena gue percaya, kerja keras akan mengalahkan bakat alami. Pasti.

Well, segitu dulu ya gue curhatnya. Besok gue sambung. Beberapa tugas harus gue kerjain. Dan masih pada blank. Rangkum materi aja gue abaru inget tadi pas lagi nulis paragraph yang nyeritain minum. Belum lagi harus urus tugas Media Internal yang dosennya ribetin. Bukan hanya dosennya, anak-anak kelompoknya pun sameu. Wkwkwk. Btw, kalo kalian request dan pengen gue harus nulis apa selanjutnya, komen aja. Atau PC ke gue langsung lah. Pada punya kontak gue kan? Chat aja kali. Gue pasti bales kok kalo gue ngga sibuk. Tapi ah, sibuk apa sih gue? Gue bukan siapa-siapa pun… Eheheh. Bye… see u guys!

Comments

Popular posts from this blog

GOBLOK

Kepahitan Hidup Tiada Berujung

#dontfakeyourself DUA TAHUN PERADABAN