Belajar Liberal

Tadi, pas gue lagi cuci piring di kosan pagi pagi, gue di video call sama seorang cowok yang dulu emang sempet deket dengan gue. Jadi.....

Gue deket sama cowok di kampus. Cowok itu adalah maba, sekaligus adik tingkat gue di fakultas, bahkan di prodi. Tapi bukan si Dirga ya. Dirga sih udah lewat. LOL. Nah,, si cowok yang nge vc gue ini ngga suka sama cara berteman kita. Kita sering main bareng, pergi bareng, makan bareng, gue nungguin dia latihan TKD sampe malem dan habis itu kita pasti melakukan aktivitas lagi. Entah itu nonton bareng lah atau apa lah, atau diskusiin suatu isu hangatlah, secara si maba ini nih anak organisasi coyy, haha. Jujur, kita emang seperti orang yang pacaran karena kita selalu bareng. Pernah gue nyender di pundak dia, atau kadang dia suka jadiin bahu gue sebagai ganjelan tangannya dia kalo lagi pegel (kebayang kan?). Sekedar itu. Dan gue rasa itu wajar. Itu bahkan adalah gaya pertemanan yang wajar banget malah, dan sama sekali ngga melanggar aturan dan norma yang berlaku di negara kita, Indonesia. Tapi anehnya, si cowok yg vc gue ini (sebut saja dia DAP) merasa kesel sama gue. Bilang gaya temenan gue sama si maba itu lebay lah, berlebihan lah, aneh lah, tabu lah, ah pokonya julit paket kumplit. Terlebih yang paling gue ngga terima adalah, dia ngatain gue murahan. Astaghfirullah.... Sabar Gwen, sabar....

Sampe sebegitunya kah, gue sampe sampe dikatain murahan? Setelah gue telusuri dengan cara terus terusan interogasi ke dia tanpa dengan cara ngedesak, gue dapet jawaban pada akhirnya. You know, dia mungkin masih ada rasa sama gue dan bisa jadi dia cemburu. Dia menyembunyikan rasa cemburunya itu dengan dalih bahwa gue itu kurang bisa jaga diri sebagai cewek, gue ganjen, gampangan, gue aneh, gue terlalu kepedean dan lain sebagainya. Gue tanya baik baik, dia malah nyolot. Sampe sampe dia dengan lantangnya bilang bahwa gue adalah wanita liberal yang ngga bisa nyesuain perilaku gue dengan aturan dan budaya di Indonesia. Kalian heran ngga? Gue pun heran. 

Guys, gue rasa, jargon "KURANG PIKNIK" itu memang benar adanya. Yup, bener. Nih, buktinya. Masih ada orang yang berpikiran seperti ini. Gue terus selidikin, gue tanya dia, "Eh bro, menurut lu sendiri liberal itu apaan sih?" dan guys, dia diem. Dia bilang, cari aja di Google. Hal ini membuktikan bahwa dia sebenernya ngga ngerti sama apa yang dia sendiri ucapin. Gue kaget aja gitu, ternyata diluar sana masih banyak orang-orang yang kalo ngomong tanpa pengetahuan terlebihdahulu. Secara ngga ada hubungannya banget antara liberal sama pertemanan gue sama si maba itu. Yang jelas kita menjalani pertemanan ini secara wajar dan biasa aja. Emang sih, stigma orang berbeda beda, dan itu memang dibentuk oleh pemahaman (frame of reference) dan pengalaman (field of experience) masing-masing orang yang pastinya ngga sama. Tapi, tolong, disaat kalian menemukan sisi negatif dari seseorang, lu harus bisa juga menemukan sisi lain yang positif dari si orang tersebut. Bagi lu yang kurang piknik, coba deh main sana yang jauh. Tengok gimana cara berteman orang Amerika, Jepang, Cina, Korea, dan negara lain. Atau ga ya coba lu kelilimg Jawa Barat ajalah dulu yang deket. Lu perlu traveling untuk mengedukasi diri lu, untuk memantapkan jiwa lu, untuk membuka pikiran lu agar lu ngga punya pemikiran yang picik mulu. Lu perlu ketemu sama banyak orang, berbincang dengan banyak orang, bertukar pikiran agar lu bisa belajar dari mereka tentang arti liberal itu apa. Filter your mouth, bro! Jangan asal jeplak. Gue emang cukup suka sama freedom. Tapi, gue termasuk orang yang cukup berbudaya untuk mengartikan apa itu freedom dan bagaimana bertindak dalam zona freedom. Gue adalah orang yang beragama. Di agama gue, freedom itu ada, tapi freedom itu punya batasan dan gue berusaha agar tidak melampaui batas freedom yang udah agama gue kasih.
Intinya, educate yourself before you judging.

Dalam KBBI, gue baca bahwa arti kata "Liberal" sendiri adalah bebas. Bebas bersifat, dan bebas pula berpandangan. Tapi, bukan berarti bebas berpandangan, lu jadi semena-mena bisa menjudge orang dengan bebas semau lu, dan menganggap bahwa orang yang terlihat "bebas" adalah seorang yang menganut liberalisme. Karena lu ngga tau sisi lain dari orang yang lu judge tersebut. Semua kebebasan ada batasnya dan tetap ada aturannya. Negara seliberal Amerika Serikat juga tetep ada aturannya kan? Intinya, open your mind, open your eyes and make yourself be cultured.

Oke guys, makasih udah baca. Semoga tulisan gue berikut bermanfaat buat kalian. Maaf kalo ada kata-kata yang bikin lu ngga suka atau gimana. Intinya, gue hanya mau bilang bahwa please, lu harus punya pengetahuan yang mumpuni sebelum lu beropini. Seengganya, misalnya lu mau nyeplos suatu kata ke seseorang, lu harus tau dulu apa arti dari kata itu sebelum lu omongin.
Bye...

Comments

Popular posts from this blog

GOBLOK

Kepahitan Hidup Tiada Berujung

#dontfakeyourself DUA TAHUN PERADABAN