Gold of 2018 : You need to lost before you find yourself

2018
Apa yang ada dibenak kalian?
Kenangan?
LOL.
Jujur, gue punya banyak banget momen-momen unforgettable pada tahun 2018. Dan tepat nih, hari ini adalah penghujung tahun 2018. Nah, sebelum ganti tahun ke 2019, makanya gue mau  urai momen-momen pada tahun 2018. Dan tentunya, momen-momen itu ngasih impact banget buat diri gue. Banyak banget yang gue dapetin di tahun ini. Di tahun ini, gue belajar bagaimana jadi seorang perempuan dewasa (yaaa walaupun gue masih kekanakkan hingga detik ini, just skip), dan tentunya gue harus bisa lebih dewasa lagi dong ditahun berikutnya. Di tahun ini, gue ketemu sama banyak orang yang menginspirasi gue.




Fadil Sofandi, gue kenal dia dari akhir tahun 2017 hingga tahun 2018. Gue seneng mengenal dia. Dia yang mengajarkan bagaimana menjadi bijaksana. Bijaksana dalam menghadapi kerasnya hidup, menghadapi orang-orang yang berbeda latar belakang dan karakter, sampai mengajari gue bagaimana gue ikhlasin hal-hal yang bikin gue sakit hati. Dan si Fadil ini adalah orang pertama yang ngucapin ulangtahun ke gue saat gue berulangtahun yang ke-18 pada bulan Januari 2018 sekaligus jadi orang yang mengejutkan di birth day gue. Dia ngasih gue kado dan kue ulang tahun. Big thanks to you, Dil…. Tetapi, gue harus menerima kenyataan pahit bahwa Fadil dipanggil oleh Yang Maha Kuasa pada bulan Juli 2018. Guys, doakan ya semoga si Fadil ini diterima di sisi Allah SWT. Amiiiiiin. Gue merasa sangat kehilangan sosok orang yang membimbing gue, menginspirasi gue, dan memberi pengaruh yang positif buat diri gue. Jujur, gue sempet suka sama si Fadil, dan sempet berharap akan jadi pacarnya dia. Tapi rasanya ngga mungkin kalo pacaran, secara dia sholeh banget orangnya. Saking sholehnya, Allah sayang dia dan manggil dia duluan.

Lanjut ke bulan September, dimana gue udah mulai masuk kuliah dan menjalani hari sebagai kakak tingkat. Tentu bulan ini dan Oktober, gue lagi hectic-hecticnya. Gue harus fokus kuliah, ngerjain tugas, ngurusin kerjaan kantor, kerjaan kosan, ditambah tanggungjawab gue sebagai panitia acara Civitas dan LDKM fakultas, yang membuat gue drop banget. Gue pusinG banget asli.  Tapi gue jalanin itu semua dengan ikhlas. Saat gue down, gue stress dan kesel sama masalah-masalah dihidup ini, gue sealu inget kata-kata almarhum Fadil bahwa, “Taklukkin diri kamu sendiri, Jen. InshaaAllah kamu bisa dengan bijaksananya menjalani hidup ini, beserta menghadapi setiap tanjakkan permasalahannya. Kamu cerdas, kamu dewasa, kamu bijaksana, aku percaya itu. Aku yakin kamu ngga bakalan kenapa-napa kalo ngga ada aku”. Dan bener kan, sekarang dia ninggalin gue, ninggalin semua temen-temen dan keluarga dia. Nangis. Air mata gue deres aja gitu kalo gue teringat kata-kata itu. Gue kangen Fadil. Gue ingin dia selalu disini bareng sama gue, agar gue selalu kuat. Tapi balik lagi sama perkatanan dia tadi bahwa gue harus bisa menaklukkan diri sendiri. Dengan adanya dia terus disamping gue, mungkin gue ngga akan pernah punya pemikiran seperti sekarang. Kepergian dia buat gue sadar bahwa gue ngga boleh gini terus, ngga boleh murung, ngga boleh ngeluh, ngga boleh manja dan pasrah sama keadaan. So, gue harus bisa enjoy sama setiap kegiatan gue.

Oh iya, di tahun ini juga, gue sadar bahwa jati diri memang pantas dicari sampai ketemu. Dulu, pas gue masih SMA atau SMP pernah mikir,”Ngapain sih jati diri pake dicari segala? Kalo gue udah dewasa juga kan bakal ketemu sendiri, secara alamiah.” Dan ternyata anggapan gue tersebut salah. Hingga   akhirnya gue nemu sebuah kutipan yang berisi, “You need to lost before you find yourself” yang mana kutipan ini erat banget kaitannya sama kehidupan gue sekarang yang selalu berpergian ga jelas, sendirian, hanya semata-mata ingin mengenal diri gue sendiri jauh lebih dalam. Akhir-akhir ini gue selalu ngilang dari kos. Temen-temen kos, bahkan kakak gue yang sengaja datang ke kosan gue buat nengok gue, panik cari-cari gue, Tanya sana sini karena gue ngga ada di kosan. Gue sering banget berpergian tanpa ngabarin orang, lalu gue sengaja ngga bawa HP kalo pergi hanya karena gue ngga mau me-time gue terganggu. Gue ingin banyak pergi, pergi ke tempat yang belum pernah gue kunjungi sebelumnya, bertemu orang banyak yang belum pernah gue kenal, yang pasti gue bisa belajar sesuatu yang baru dari mereka. Gue ingin mencari tau, apa passion gue, apa yang gue mau, hal apa dan tempat seperti apa yang bisa bikin gue enjoy dan apa aja yang belum gue tau. Gue rasa, hal-hal semacam ini nih yang bisa membuat gue makin mantap untuk menghadapi hidup di hari berikutnya, mengedukasi jiwa dan pikiran gue, dan membuat pikiran gue terbuka dan ngga picik. Intinya, gue bahagia, gue nyaman.

Gue juga merasa, sisi introvert dari diri gue tuh hilang saat gue lagi berpergian ssendiri. Yang biasanya gue malu dan nunduk kalo ketemu orang, sekarang gue pede nanyain alamat ke orang yang ngga dikenal. Dari yang awalnya gue diem aja kalo disapa karena malu dan males, sekarang gue malah suka nyapa anak kecil yang gue temuin di jalan, atau nyapa ibu-ibu, atau nyapa mamang becak yang lagi ngopdud pinggir jalan. Dari yang asalnya gue males ngobrol dan basa basi sama orang, sekarang gue malah suka SKSD sama ibu-ibu, mba-mba atau mas-mas muda penjaga warung. Seru deh pokonya. Gue bisa menantang diri gue dan bisa banyak belajar tentang hidup. Belajar, ngga harus selalu di dalam kelas kan? Wkwk

Sekian guys tulisan gue kali ini. Makasih yang udah baca blog gue ini. Wanna know more about me? Tunggu tulisan gue selanjutnya dan jangan lupa baca tulisan gue yang lain. Okay??
Bye…..
I'm waiting ur comment guys.... :)









A girl behind this blog


Cewek Introvert yang hobi bacot banget. Sukanya nulis hal-hal yang menggema dalam ruang pikirannya. Sukanya jalan-jalan emtah kemana, yg penting ngga di rumah mulu.
Pecinta warna Pink, Mint dan Abu-abu. Namanya panjang banget, tapi cukup panggil Gwen atau Jen.

Comments

  1. sama kita mb,, hehehe
    alhamdulillah aku sudah mencari jati diriku yaitu menjadi seorang penulis dan berpergian kemana saja tapi, sebelum itu aku harus mencari uang yang banyak.hehehe
    salam introvert! selalu menginspirasi ya :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. Terimakasih.... Nah itu dia. Dengan kita berpergian, kita bisa menantang diri kita sebagai introvert sekaligus belajar banyak hal. Intinya, kita harus melakukan hal hal yg tentu menginput kepositifan untuk diri kita, dan kalau bisa untuk orglain.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

GOBLOK

Kepahitan Hidup Tiada Berujung

#dontfakeyourself DUA TAHUN PERADABAN